Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Inlay, Penghalau Panas yang Minim Perawatan

Kompas.com - 15/06/2011, 22:17 WIB

KOMPAS.com — Sebagai elemen dekoratif, kaca inlay memiliki nilai seni yang tinggi. Tetapi, tak banyak yang tahu bahwa elemen ini dapat juga digunakan sebagai penghalau atau insulasi panas. Bagaimana cara kerjanya?

Untuk mengetahui cara kerjanya, kita perlu tahu lapisan penyusunnya. Jika diuraikan satu per satu, produk kaca inlay ini memiliki tiga lapis utama. Lapis yang pertama adalah kaca dasar. Yang kedua adalah kaca motif yang menempel pada kaca dasar yang kemudian ditutup dengan kaca dasar lagi sebagai lapis ketiga.

Adapun antara kaca dasar bermotif dan lapis ketiga terdapat ruang kosong. Ruang kosong inilah yang berfungsi sebagai toleransi pemuaian kaca sekaligus untuk menginsulasi panas sehingga udara panas akan terjebak di dalamnya. Akibatnya, suhu ruang yang menggunakan kaca inlay dapat ditekan.

Banyaknya lapisan dan rumitnya cara pembuatan ternyata berbanding terbalik dengan aplikasi dan perawatannya. Hanya dibutuhkan sebuah bingkai (frame), biasanya berbahan UPVC, aluminium, kayu, batu alam, atau besi, sebagai "pegangan". Setelah terpasang, kerajinan kaca inlay cukup dibersihkan secara rutin agar terhindar dari debu.

"Hanya saja, hindarkan kaca dari segala bentuk benturan," saran Wiguno Wiranto, pemilik perusahaan Inlay Aldira Glass.

Risiko yang besar saat proses pembuatan dan pengiriman tentu berdampak pada harga. Untuk setiap meter persegi, inlay Aldira Glass mematok harga Rp 2 juta-Rp 8 juta. Harga ini sudah termasuk biaya desain dan pemasangan. Untuk produk yang bernilai seni tinggi, minim perawatan, dan tidak pasaran, harga ini pun menjadi masuk akal. Mau coba? (Bernadetta Tungga Aditya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com