Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depok dan Tangerang, Satelit Pengurai Padatnya Jakarta

Kompas.com - 10/06/2011, 20:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyak kota satelit saat ini yang berbenah untuk ikut membantu mengurai terpusatnya kegiatan perekonomian berikut dampak kemacetan di ibu kota Jakarta. Dua kota satelit yang menunjukkan potensi tersebut adalah Tangerang dan Depok.

"Daerah barat, yaitu Tangerang, sudah sangat maju, sementara di daerah selatan ada Depok. Dua kota satelit ini dapat membantu mengurangi kepadatan Ibu Kota. Misalnya, sekarang ini sudah bisa dilihat, banyak yang tinggal di Tangerang dan memiliki kantor di sana," kata Executive Director Cushman and Wakefield Handa Sulaiman kepada wartawan di Jakarta, Jumat (10/6/2011).

Menurut dia, perkembangan dua kota satelit ini sudah tampak sejak 2-3 tahun terakhir. Penyebab berkembangnya Tangerang dan Depok karena kondisi infrastrukturnya yang mendukung.

"Setelah dibuat infrastruktur yang bagus, lalu ada jalan layangnya, juga jalan menuju area perumahan yang mendukung perkembangan kota-kota mandiri di kota satelit. Kota mandiri, contohnya di Tangerang, yang sudah maju dan lengkap, seperti Bumi Serpong Damai, Alam Sutera, Karawaci, juga Gading Serpong," ujarnya.

Handa mengatakan, saat ini perlu ditekankan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk mengurai kepadatan di Jakarta.

"Kenapa dulu kantor-kantor di luar Jakarta tidak ada, karena infrastrukturnya belum jadi. Selain itu, pasarnya juga belum solid," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com