Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.778 Rumah Sejahtera Diresmikan di Jawa Tengah

Kompas.com - 08/06/2011, 18:06 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa meresmikan 1.778 unit rumah sejahtera tapak yang dibangun oleh anggota Realestat Indonesia (REI) di Semarang, Jawa Tengah. Rumah-rumah sejahtera ini diharapkan dapat mengurangi kekurangan kebutuhan (backlog) perumahan di Indonesia. Suharso yang didampingi ketua umum REI Setyo Maharso menyambut baik pembangunan 1.778 unit rumah sejahtera yang dibangun oleh anggota REI Jawa Tengah.

"Saya berharap ke depan Anggota Realestat Indonesia (REI) Jawa Tengah dapat terus berkarya untuk melaksanakan pembangunan rumah sejahtera tapak, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah," ujar Suharso di Semarang, Jawa Tengah, seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu ( 8/6/2011 ).

Sebanyak 1.778 rumah sejahtera tapak ini tersebar di beberapa kota di Jawa Tengah. Beberapa perumahan yang diresmikan di BRD Residence Pekalongan sebanyak 296 unit, Taman Sentosa Boyolali 245 unit, Bukit Mutiara Jaya 1 dan 2 Semarang 417 unit, Muria Indah III Kudus 355 unit, Petagriya Indah Grobogan 215 unit, dan Taman Mutiara Persada Pati 250. Mengenai pembangunan unit perumahan, Suharso mengatakan bahwa tanggung jawab ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah (pemda) setempat.

"Pemda dapat berperan aktif dalam hal penyediaan tanah serta koordinasi dalam hal perijinan pembangunan. Pemda harus dapat membantu melaksanakan tugas tersebut dan memastikan berjalannya ke dua mekanisme tersebut," katanya.

Sementara, Kemenpera sendiri pada tahun 2011 akan mulai masuk ke sisi penyediaan rumah murah. Pembangunan perumahan direncanakan bisa dilakukan secara pabrikasi, sehingga bisa membangun dalam jumlah yang cukup besar dan dibangun dalam waktu yang relatif singkat.

"Kemenpera juga mentargetkan pembangunan rumah murah sebanyak 1 juta unit untuk masyarakat. Program pembangunan rumah murah nantinya difasilitasi dengan FLPP dan program perumahan swadaya. Oleh karena itu, kami harap Pemda bisa ikut mendukung program rumah murah ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com