Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusunawa Gunungsari untuk Korban Penggusuran

Kompas.com - 27/05/2011, 06:19 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Gunungsari, Kota Surabaya, untuk warga setren atau pinggiran Kali Jagir yang menjadi korban penggusuran, diresmikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo Jumat (28/5/11) ini.    Gubernur menjelaskan bahwa rusunawa itu diperuntukkan bagi warga setren kali yang terkena dampak dari penertiban bangunan di area bantaran sungai. Namun, tak semua korban penertiban dapat mengisi rusun karena Pemprov Jatim akan menyeleksi masyarakat miskin yang berhak menghuni rusun baru itu. Ia menjamin rusun yang berdiri di atas lahan seluas 7.000 meter persegi itu paling layak huni dibandingkan dengan rusun lain.

Gubernur menjelaskan Rusunawa Gunungsari itu telah memenuhi standar. Ruang kamar di rusun ini termasuk tipe 36 sehingga layak untuk dihuni empat orang. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim, Budi Susilo, mengatakan, sebelumnya dia bersama Sekdaprov Jatim Rasiyo sempat berkunjung ke Batam untuk melihat rusun yang dibangun oleh Jamsostek.

Dia menjamin Rusunawa Gunungsari memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan rusun yang dibangun Jamsostek di Batam. Pemprov Jatim berencana membangun dua rusun lain di Surabaya untuk warga setren kali, yakni di Karangpilang dan Sumur Welut. Di Karangpilang rusun akan dibangun di atas tanah seluas 2.000 meter persegi, sedangkan di Sumur Welut di atas tanah seluas 20.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com