Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PU Bangun Enam Blok Kembar Rusun di Batam

Kompas.com - 25/05/2011, 22:07 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum membangun enam blok kembar rumah susun di Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada 2011 senilai lebih dari Rp72 miliar. "Tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum membangun enam blok kembar rumah susun baru, masing-masing blok diperkirakan menelan biaya Rp12 miliar," kata Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Kota Batam, Gintoyono Batong di Batam, Rabu.

Menurut Gintoyono, setiap blok kembar rusun mampu menampung 90 Kepala Keluarga (KK), dengan kata lain kalau ke enam bisa dibangun, mampu menampung 540 KK.

Pemerintah kota bekerja sama dengan Badan Pengusahaan Batam bertugas menyiapkan lahan untuk proyek yang dikerjakan Kementerian. Gintoyono mengatakan, saat ini sudah ada dua hektare lahan di kawasan Tanjunguncang yang siap bangun. "Untuk pembangunan dua lainnya kita segera siapkan lahan," ujarnya.

Selain menyiapkan lahan, Pemkot Batam juga berkewajiban menanggung fasilitas seperti air dan listrik dengan anggaran Rp1,7 miliar tiap blok kembar. Kementerian PU sedang melakukan proses lelang menentukan siapa yang akan melakukan pembangunan dan hingga saat ini Batam memiliki 47 rusun yang tersebar di seluruh wilayah Batam.

Pemerintah Kota Batam memperkirakan dibutuhkan setidaknya 761 rusun untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi para pekerja dan warga yang saat ini tinggal di rumah-rumah tidak berizin. "Setiap tahun kami akan membangun empat sampai enam rusun, sesuai anggaran," kata Gintoyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com