Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Ambalan, Ruang Sempit Jadi Cantik

Kompas.com - 17/05/2011, 08:49 WIB

KOMPAS.com — Memiliki rumah yang luas dengan beragam ruang menjadi dambaan setiap orang. Apalagi bila Anda seorang yang senang memajang benda-benda unik, pernak-pernik, piala, foto-foto, atau benda koleksi pribadi lainnya. Kalau ternyata Anda memiliki rumah yang mungil, lantas hobi memajang barang ini apakah tidak terwujud?

Jangan khawatir, Anda tetap bisa memberikan sentuhan pemanis ruangan dengan memanfaatkan ambalan di ruang yang sempit. Ambalan berbeda dengan lemari, yakni material yang berbentuk panel-panel dan dilekatkan pada dinding. Penerapannya dalam ruang sempit, Anda memilih ruang mana dalam ruang yang hendak dipermanis, misalnya saja ruang tamu atau ruang keluarga. Pilih salah satu sudut yang Anda suka dan mulai mengolah.

Karena ambalan fungsinya sebagai pemanis dalam ruangan, sebaiknya tidak usah dibuat terlalu "menarik perhatian" dalam penempatan pajangannya. Pilihlah bahan material ambalan, ada banyak pilihan, seperti dari kayu solid, kayu lapis, plastik, hingga kaca. Tentukan tebal tipisnya ambalan, warna apa yang ingin dipakai, serta kesan apa yang ingin Anda tampilkan.

Perhatikan juga penempatan benda-benda di atas ambalan. Bisa sekedar pernak-pernik lucu, foto-foto keluarga, keramik, atau bisa juga majalah atau mainan anak. Penataan yang asimetris akan lebih menarik ketimbang penataan simetris. Penataan pajangan sebaiknya tetap rapi sehingga fungsi mempermanis ruangan tetap terlihat. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com