Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Kursinya" John F Kennedy

Kompas.com - 17/05/2011, 08:42 WIB

KOMPAS.com — Dalam pameran desainer asal Denmark, Niki Nasr, yang digelar 14 Mei-14 Juni 2011, terdapat satu kursi yang dulunya pernah dipakai oleh salah satu presiden di Amerika Serikat, John F Kennedy.

Kursi ini merupakan karya Niki Nasr yang terinspirasi gaya Skandinavia. Tentu saja kursi ini bukan kursi yang sebenarnya dipakai oleh Kennedy. Namun, Niki ingin mengangkat desain yang dulunya telah ada menjadi menarik ketika disodorkan saat ini.

"Kursi ini gaya Skandinavia juga, dulu kursi seperti ini pernah dipakai oleh John F Keneddy. Di Skandinavia, desain itu sangat maju, kalau tidak salah setelah 50 tahun karya desainer boleh diadaptasi publik," kata Pincky SR Sudarman dari Alun-alun Indonesia di Jakarta pada pembukaan pameran Niki Nasr, akhir pekan lalu.

Gaya Skandinavia cukup memesona Niki Nasr untuk menerjemahkannya dalam karya. Sederhana, menarik, dan dapat digunakan kapan saja adalah inti yang ingin disampaikan. Desain ini cukup menghargai alam karena tak banyak menggunakan material kayu dalam pembuatannya.

"Cenderung tidak ada ukiran, tetapi memiliki garis-garis murni yang utuh, jujur, dan tidak rumit. Cocok untuk digunakan dari waktu ke waktu. Desain ini tak usang dimakan waktu," ujarnya. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com