Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuhan Elemen Air di Ruang Keluarga

Kompas.com - 11/05/2011, 16:58 WIB

KOMPAS.com - Bila mendengar gemericik air, bagaimana perasaan Anda? Tenang dan sejuk jawabannya. Nuansa tenang dan sejuk ini bisa Anda aplikasikan dalam ruang keluarga. Acara berkumpul bersama keluarga akan semakin menyenangkan.

Seperti Anda ketahui, elemen air sebagai salah satu cara kedekatan dengan alam di dalam hunian memiliki karakter kuat. Dari segi estetika, air membawa nilai keindahan. Sementara dari sisi psikologis, air membawa efek menentramkan dan meneduhkan.

Aplikasi elemen air di dalam rumah biasanya diwujudkan lewat kolam ikan atau kolam dengan air mancur. Di kedua bidang ini pastinya memerlukan lahan yang cukup untuk kolamnya. Maka penempatannya bisa di lahan belakang rumah atau halaman depan.

Inspirasi elemen air seperti terlihat pada gambar, adalah waterfall mini di area ruang keluarga. Ruang keluarga ini seolah memadukan area basah dan kering. Area basah menempatkan meja kursi berbentuk balok dilengkapi waterfall mini. Air yang jatuh kebawah akan membasahi batu-batu alam dan lantai kayu. Jadi Anda bisa bersantai dengan duduk-duduk di area basah ini.

Sementara untuk tatanan ruang keluarga yang kering, tetap terlihat hangat lewat pencahayaan dan interior di dalamnya. Sofa empuk dan karpet putih semakin menguatkan kesan hangat. Meski sedikit terpisah, Anda tetap dapat menikmati gemericik air meski di area ruang keluarga yang hangat. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com