Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jendela Unik untuk Area Sudut

Kompas.com - 09/05/2011, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Area sudut adalah area yang sulit diolah. Desain unik jendela, bisa membuat olahan sudut menjadi lebih menarik.

Jendela bisa memainkan peran penting lho di rumah Anda. Tak hanya sebagai elemen tempelan dinding, jendela pun punya pengaruh terhadap pembentukan massa bangunan dan suasana ruangan. Jendela bisa menjadikan sebuah ruangan memiliki keterkaitan dengan ruang yang ada di sebelahnya.

Lihatlah kamar ini, Angga Prasetya, pemiliknya, menginginkan suasana privasi namun tetap merasakan keleluasaan dari kamarnya. Faizal Syamsalam, sang arsitek, lalu mendesainkan sebuah jendela yang lebar, hingga mencapai sudut. Area sudut yang sebelumnya seringkali menjadi batasan ruang, kini justru memberikan akses visual. Disinilah efek yang dinanti, kamar menjadi terasa leluasa.   Kusen jendela berbahan kayu nangka yang diproses tanpa finishing cat. “Kayu nangka memberikan warna yang khas, dan memiliki serat kayu yang baik,” ujar Faizal. Kaca-kaca yang mengisi jendela dibuat sedinamis mungkin, hingga sisi kaca satu dengan kaca yang lain “adu manis” di bagian sudutnya, tak berbingkai.

Inilah jendela yang inspiratif, sekaligus fungsional dan indah. Desain yang baik memang bisa meningkatkan kualitas ruangan. (Indra Zaka Permana/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com