Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Diminta Beli Lahan Seluas-luasnya

Kompas.com - 09/05/2011, 08:51 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com -   Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa meminta seluruh pemerintah daerah kabupaten dan kota yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo untuk membeli lahan seluas-luasnya. Suharso menjelaskan, lahan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan infrastruktur di daerah manapun. Sebab kata dia, ketersediaan lahan dapat memuluskan berbagai rencana yang telah dibuat oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk membangun sarana dan prasarana untuk kepentingan rakyat.

"Dimana-mana ketersediaan lahan selalu menjadi persoalan untuk rencana pembangunan infratruktur," kata Suharso, Minggu.  Menurut dia, dengan ketersediaan lahan yang luas maka berbagai program pembangunan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah akan mudah dan lancar.  Karena itu kata dia, setiap pemerintah daerah harus bisa menyediakan lahan seluas-luasnya untuk masa depan rakyatnya. "Tanah ataupun lahan merupakan aset yang sangat berharga untuk kesejahteraan," kata Suharso.

Dia menambahkan, setiap pemerintah daerah harus bisa mempergunakan anggaran yang ada demi membeli sebidang tanah atau lahan untuk keperluan mendatang. Jika pemerintah daerah melakukan hal itu kata dia, maka pada saat hendak membangun infrastruktur tidak ada lagi konflik yang berlarut-larut seperti yang terjadi selama ini. "Persoalan tanah atau lahan bukan hanya harganya, akan tetapi sosial kemasyarakatan pun selalu ikut menjadi masalah," kata Suharso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com