Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soegianto Nagaria: Buka Tepat Waktu, Gratis Sewa 3 Bulan

Kompas.com - 29/04/2011, 06:41 WIB

KOMPAS.com - Soegianto Nagaria adalah generasi kedua keluarga Soetjipto Nagaria, pendiri perusahaan pengembang PT Summarecon Agung Tbk. Soegianto, Direktur PT Summarecon Agung ini lebih banyak menangani ritel dan berhubungan dengan para penyewa mal. Keberhasilan Summarecon Mal Serpong (SMS) di kawasan Gading Serpong, Tangerang, menggaet penyewa dan pengunjung, sedikit banyak berkat tangan dingin Soegianto.

"Kami ingin menciptakan suasana di mana pengunjung merasa enjoy, menikmati waktu berbelanja, menghabiskan malam di tempat ini," kata Soegianto yang belajar arsitektur di Taiwan dan rajin mengikuti seminar properti di mancanegara.

Berikut ini wawancara khusus dengan Soegianto Nagaria, Direktur PT Summarecon Agung Tbk bersama Robert Adhi Kusumaputra.

Setelah sukses dengan Summarecon Mal Serpong I, kini Summarecon Mal Serpong II dibangun dan dibuka pada tahun 2011 ini juga. Apa kiat Anda membuat Summarecon Mal Serpong sukses? Kiat utama adalah memperhatikan apa yang dibutuhkan konsumen. Kami beruntung karena sudah berpengalaman mengelola Mal Kelapa Gading I, II, III, IV. Kami mendapatkan kepercayaan dari konsumen yang tahu bahwa Mal Kelapa Gading itu bagus.

Ketika mengajak kawan-kawan peritel yang sebelumnya menyewa di Mal Kelapa Gading ke Summarecon Mal Serpong, kami berhasil membuat mereka percaya sehingga mau ikut ke Serpong. Ini awal yang penting. Jadi kalau Anda tanya apa kiat sukses Summarecon Mal Serpong, saya tegaskan bahwa mengajak penyewa membuka serentak pada hari pembukaan, itu hal yang sangat penting.

Untuk itu kami memberikan insentif tiga bulan gratis kepada para penyewa Summarecon Mal Serpong II yang membuka tepat pada 27 Oktober 2011. Insentif ini bisa membuat penyewa buru-buru buka on time. Memang saat membuka SMS I, insetif diberikan enam bulan karena daerah ini masih baru. Membuka pada hari yang sama sangat penting karena jaminan sukses akan lebih tinggi. Yang penting, Summarecon dan penyewa mal sama-sama happy, sama-sama senang.

Summarecon Agung sukses dipimpin oleh orangtua Anda, Pak Soetjipto Nagaria sehingga menjadi perusahaan properti yang disegani. Bagaimana Anda mempersiapkan diri agar dapat menerima tongkat estafet, dan juga sukses memimpin Summarecon Agung kelak? Saya beruntung perusahaan ini sudah berjalan dengan sangat solid. Saya dan saudara saya Herman Nagaria aktif dalam perusahaan ini. Kami fokus menjaga kultur perusahaan yang sudah ditanamkan ayah saya. Kami menjaga sumber daya manusia di Summarecon agar mereka bisa berkarier dengan optimal. Kami fokus pada strategi inti yang perlu dilakukan. Kami mempersiapkan planning ke depan. Kami bertanggung jawab mempertahankan dan membesarkan Summarecon Agung dengan fondasi yang kuat.

Apakah suatu hari Anda akan menjadi CEO Summarecon Agung? Menjadi CEO? Sampai sekarang belum ada rencana untuk itu. Yang penting saya dan Herman sudah terlibat secara menyeluruh di perusahaan ini. Saya kira posisi CEO sebaiknya dipegang profesional. Yang penting keluarga Nagaria memberikan yang terbaik agar Summarecon mampu bertahan dalam jangka panjang. Namun jika suatu hari saya memang dibutuhkan, saya dan adik saya siap. Kalau suatu hari Summarecon membutuhkan tenaga dan pikiran saya lebih banyak, saya siap mempertahankan kultur yang baik yang sudah ada sejak awal.

Summarecon Mal Serpong II akan beroperasi 27 Oktober 2011. Apa yang baru dari SMS II? Luas SMS II ini 60.000 meter persegi, belum termasuk luas gedung parkir. Kalau digabungkan SMS I dan II, luas totalnya adalah 110.000 meter persegi. Dan jika termasuk gedung parkir, luas totalnya 193.000 meter persegi. Kapasitas gedung parkir di SMS akan menjadi 4.000 mobil.

Pengalaman Summarecon Agung yang sukses mengelola Mal Kelapa Gading I, II, III, IV membuat kami lebih mudah mengelola SMS I. Saat ini ruang tersewa di SMS I sudah 100 persen, sedangkan ruang tersewa di SMS II sampai April 2011 sudah 70 persen. Artinya jika digabung, ruang tersewa total sudah 85 persen.  Beberapa penyewa utama SMS II adalah Centro Department Store, Do It Best Pongs Home Center, dan Eat and Eat Food Market.

Setelah SMS I dan II beroperasi, ada rencana membangun SMS III? Ya, kami sudah merencanakan itu. SMS III akan dibangun delapan tahun mendatang. Selain itu kami juga akan membangun apartemen, hotel, dan convention center di kawasan ini.

Suksesnya Summarecon Serpong juga diikuti pengembang lainnya di Serpong seperti Paramount Serpong, Alam Sutera, dan BSD. Anda melihat properti di Serpong makin "hot"? Ya benar, daerah Serpong merupakan daerah properti sangat hot saat ini. Kami senang apa yang kami tanam sudah mulai berbua. Yang penting, kami harus menjaga kepercayaan dan kredibilitas, nama Summarecon. Karena itu sangat penting membuka Summarecon Mal Serpong tepat waktu. Ini akan membuat konsumen makin percaya pada kami. (Robert Adhi Kusumaputra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com