Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pengaruh Warna Cat terhadap "Mood" Anda?

Kompas.com - 28/04/2011, 10:49 WIB

KOMPAS.com - Sadar atau tidak, terkadang pilihan warna cat mencerminkan karakter Anda sebagai pemilik rumah. Semua warna pilihan pada prinsipnya mencerminkan hal yang baik, tapi kalau Anda penasaran apa arti pilihan warna cat dengan "mood" atau suasana hati, berikut ulasannya.

Warna Merah, menggambarkan energi yang penuh semangat, aktif, melambangkan kekuatan, kemauan keras, agresif, bersaing. Karena warnanya yang mencolok, pemakaian berlebihan pada seluruh ruangan akan menimbulkan kesan marah atau ambisius. Warna merah bisa Anda terapkan di ruang foyer.

Warna Oranye, menggambarkan sesuatu yang hangat, antusiasme, berenergi, ceria dan membangkitkan semangat. Warna ini juga memberikesan kuat pada elemen yang dianggap penting. Oranye dapat anda gunakan pada ruang keluarga atau ruang makan.

Warna Kuning, menggambarkan energi yang baik, penuh semangat, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, optimisme. Kuning kerap diidentikkan dengan warna emas yang melambangkan kemakmuran dan kemewahan. Warna ini dapat anda poleskan pada ruang kerja.

Warna Hijau, kerap diasosiasikan dengan tumbuhan atau alam. Warna ini memberikan suasana harmonis, relaksasi, dapat meredam stress, menyejukkan, menyegarkan, dan menenangkan. Warna hijau cocok untuk ruang tidur Anda.

Warna Biru, kerap diasosiasikan dengan warna laut dan langit yang tenang dan dingin, membawa kedamaian, kenyamanan, perlindungan, keharmonisan, melahirkan perasaan sejuk dan tentram. Namun, pemakaian warna biru terlalu banyak membawa kesan lesu. Biru cocok digunakan di kamar tidur.

Warna Coklat, juga kerap diasosiasikan dengan warna tanah. Warna ini natural yang memberi kesan hangat, nyaman, alami, dan tenang. Coklat bisa diterapkan pada ruang tamu atau ruang keluarga. Namun harus didukung aksesoris atau interior lainnya agar menarik.

Warna-warna netral seperti putih, krem, abu-abu, digunakan dalam pengecatan karena alasan sederhana, tak mau berlebihan dan bereksperimen dengan warna lainnya, juga tak mau menggambarkan kepribadian pemilik rumah. Putih sendiri menggambarkan kebersihan, kepolosan dan kemurnian. Abu-abu memberi suasana aman, tenang dan menentramkan. (dari berbagai sumber/Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com