Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang di Bandung Sulit Dapatkan Blanko AJB

Kompas.com - 27/04/2011, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang di Bandung mengeluhkan sulitnya mendapatkan blanko Akta Jual Beli (AJB) akibat menghilang dari peredaran.

Blanko AJB hilang dari peredaran sudah berulang kali, terakhir pada Desember 2010 hingga Januari 2011. Namun pada April 2011, blanko AJB di Bandung sulit sekali didapat. Akibatnya, semua transaksi jual beli rumah terganggu. Baik pengembang maupun notaris di Bandung mengeluhkan hal ini.

"Kantor Pertanahan sebagai institusi yang bertanggung jawab mencetak dan menyalurkan blanko AJB juga tidak memberikan jalan keluar. Perusahaan saya yang seharusnya melaksanakan jual beli puluhan unit rumah, akibat menghilangnya blanko AJB, menyebabkan proses jual beli rumah hanya bisa terlaksana dua unit. Notaris hanya bisa mendapakan dua bekas blanko AJB. Sungguh aneh tapi nyata," kata mantan Ketua Umum REI Teguh Satria kepada Kompas.com, Rabu (27/4/11).

Padahal, menurut penelusuran Teguh, blanko AJB di Bekasi masih ada. Teguh, yang juga mantan Ketua DPP REI Jawa Barat ini mengusulkan, jika pengadaan blanko AJB terlambat, seharusnya bisa diganti dengan print out komputer yang dilegalisir oleh kantor pertanahan. Hal ini selain untuk memperlancar transaksi juga untuk menghilangkan kemungkinan perdagangan gelap blanko AJB. (KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com