Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Hilangkan Bau Pengap di Rumah

Kompas.com - 27/04/2011, 08:06 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah mendapati rumah bau pengap dan apek  karena ditinggalkan dalam jangka waktu lama? Pasti bau-bau tak sedap ini mengganggu indera penciuman Anda. Karena selain faktor kenyamanan, rumah yang wangi juga menambah gairah hidup penghuni di dalamnya.

Jangan khawatir berlebihan, ada beberapa cara untuk mengatasi bau-bau apek dan pengap di dalam rumah. Pertama, bukalah semua jendela, pintu, atau jalur udara yang ada di rumah. Lalu bukalah jendela lebar-lebar selama beberapa hari dan beberapa jam. Cahaya yang masuk dan pertukaran udara akan menetralkan udara dalam rumah.

Bisa juga dengan mengambil bubuk kopi dan letakkan dalam wadah kecil, usahakan bukan kopi dalam kemasan atau kopi instan. Tempatkan beberapa wadah berisi kopi di sudut-sudut rumah. Wangi dari kopi akan menyerap bau-bau tak sedap.

Periksalah langit-langit rumah dan saluran air, apakah ada kebocoran atau merembes akibat tampiasan air hujan. Seperti di langit-langit, air hujan yang menggenang bisa menyebabkan bau karena menjamur. Rapikan dan posisikan genteng rumah dengan baik, sehingga tak terjadi bocor atau rembesan.

Langkah lainnya, pasang dan nyalakan lilin di dalam ruangan sampai habis. Lilin yang hidup dapat membantu mengurangi bau pengap. Kalau Anda suka, pakai juga aroma therapy di dalam ruang. Aroma yang wangi akan mengusir bau dan menambah kenyamanan penghuni rumah. (dari berbagai sumber/Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com