Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Tasik Gandeng MP3I Bangun Rumah Murah

Kompas.com - 13/04/2011, 10:04 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Tasikmalaya akan membangun rumah murah inovatif bekerjasama dengan organisasi masyarakat peduli permukiman perumahan Indonesia (MP3I) untuk masyarakat berkeluarga yang memiliki penghasilan rendah.

"Pemerintah lagi berupaya membangun rumah murah inovatif, belum ditentukan lokasinya, targetnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata Ketua MP3I, Ing Wijono Pontjowinoto, usai melantik ketua pengurus cabang MP3I Kota Tasikmalaya, di Bale Kota, Selasa. Rencana pembangunan rumah murah itu, dijelaskan Wijono merupakan inisiatif pemerintah daerah Kota Tasikmalaya yang didukung oleh MP3I sebagai organisasi kemasyarakatan yang fokus terhadap masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal.

Terwujudnya rencana pembangunan tersebut, ia berharap masyarakat di Kota Tasikmalaya yang memiliki penghasilan rendah dapat membeli rumah secara kredit maupun tunai. Bahkan harga jual rumah murah inovatif tersebut, kata Wijono lebih murah pada harga jual rumah pada umumnya sekitar Rp30 juta untuk tipe 36 atau 9 meter persegi.

"Nanti membangun rumah itu tanahnya tidak sengketa, dekat dengan fasilitas pendukung dan MP3I membantu pemerintah bahwa rumah itu targetnya harus tepat sasaran masyarakat berpenghasilan rendah," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Cipta Karya dan Permukiman Kota Tasikmalaya, Tarlan mengatakan akan ikut serta dalam program yang dilakukan MP3I dalam membantu akses memiliki rumah murah bagi masyarakat.

"Mengenai perumahan murah ini sangat dinanti, sehingga keluarga Kota Tasikmalaya bisa menempati rumah yang layak, apalagi harga rumahnya bisa ditekan mencapai Rp30 juta," kata Tarlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com