Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesehatan Dinding Pengaruhi Pemasangan Wallcover

Kompas.com - 12/04/2011, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Anda seorang yang senang mengubah interior rumah dengan beragam inovasi wallcover? Jangan lupa, pastikan dinding rumah Anda dalam keadaan sehat.

Kenapa dinding harus sehat dalam pemasangan wallcover? Kalau dinding rumah ternyata memiliki kemungkinan jamur untuk tumbuh dan berkembang, dikhawatirkan pemasangan wallcover tidak akan menempel dengan maksimal. Anda lebih baik mengatasi dinding berjamur sebelum memutuskan memasang wallcover. Saat pemasangan wallcover membutuhkan situasi dinding yang benar-benar kering dan tidak lembab. Perhatikan ruang-ruang dengan tingkat kelembaban tinggi, seperti kamar mandi.

Dalam tahap pemasangan, jangan lupa untuk membersihkan dinding dari kotoran atau lapisan cat sebelumnya agar tidak terjadi banyak tonjolan dalam pemasangan wallcover. Pilih lem yang tepat, berkonsultasi dengan ahli pemasangan wallcover tidak ada salahnya untuk menghindari terjadi gelembung-gelembung udara akibat penggunaan lem yang tidak merata.

Jika Anda pernah memasang wallcover sebelumnya, sebaiknya benar-benar dibersihkan lalu dipasang wallcover baru. Untuk perawatannya, sebelum memilih anda sebaiknya cermat bertanya kepada gerai yang menjual wallcover berapa lama ketahanan wallcover pilihan. Ada yang bertahan tiga tahun, ada pula yang mampu bertahan sampai sepuluh tahun. Umur ketahanan ini penting diketahui, sehingga bisa memperkirakan berapa lama untuk mengganti wallcover anda.

Tak kalah penting, perhatikan pula luasan dan fungsi ruang yang hendak anda ingin beri sentuhan wallcover. Ruang tersebut mencerminkan suasana apa perlu anda ketahui agar tepat memilih beragam jenis wallcover. Ada beragam pilihan, seiring berkembangnya teknologi dan inovasi wallcover.

Awalnya teknik menghias dinding adalah dengan wallpaper yang sesuai namanya berasal dari bahan baku kertas, tapi inovasi di bidang interior yang semakin maju ini mengeksplorasi bahan-bahan lainnya seperti dari vinil, bebatuan, kayu, tekstil seperti beludru, jerami, pelepah pisang, bahkan kulit kerang. Untuk teksturnya juga mengikuti ciri material bahan bakunya, ada yang datar (flat), timbul (embossed) atau timbul dan seolah-olah diukir (inregistered).

Beragam pilihan wallcover siap dieksplorasi, pastikan dinding sehat agar eksplorasi anda tidak sia-sia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com