Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disneyland Shanghai Beroperasi Tahun 2015

Kompas.com - 08/04/2011, 17:11 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - The Walt Disney Co dan mitranya dari China menggelar acara ground-breaking hari Jumat (8/4/11) ini sebagai tanda dimulainya pembangunan theme park Disneyland Shanghai, Disneyland pertama di China daratan.

"Disney sepakat mengambil 43 persen saham dalam proyek ini, sedangkan Shanghai Shendi Group, yang mewakili perusahaan di bawah pemerintah setempat, akan memiliki 57 persen saham," demikian pernyataan Disney Co, raksasa hiburan Amerika, seperti dikutip Shanghai Daily, Jumat ini.

The Shanghai Disney Resort akan berlokasi di lahan seluas 3,9 km2 di Pudong, Shanghai, dan akan diperluas pada masa mendatang. Resort ini meliputi Disneyland Shanghai, dua hotel bertema, sebuah mal besar, tempat makan dan hiburan, fasilitas rekreasi, danau, tempat parkir dan sarana transportasi.

Investasi untuk membangun proyek ini sekitar 24,5 miliar yuan atau 3,7 miliar dollar AS, dan tambahan 4,5 miliar yuan untuk membangun aspek lainnya dalam resort ini, termasuk hotel dan mal, kawasan hiburan dan tempat makan.

Perusahaan manajemen patungan akan dibentuk dengan komposisi saham 70 persen Disney dan 30 persen Shendi Group. Perusahaan manajemen bertanggung jawab atas penciptaan, pengembangan, dan pengoperasian resort ini.

Disneyland Shanghai akan menjadi Disneyland ketiga di Asia, setelah Tokyo dan Hong Kong. Disney sudah lama ingin hadir di Shanghai, kota metropolitan berpenduduk lebih dari 22 juta, yang dikelilingi kawasan delta Sungai Yangtze, tempat tinggal bagi puluhan juta yang menjadi pengunjung potensial.

Pemerintah Kota Shanghai juga menyambut gembira proyek ini sebagai elemen penting membuat Shanghai kota destinasi wisata kelas dunia dalam lima tahun ke depan. Tahap pertama proyek Disneyland di Shanghai ini diharapkan dapat menarik 7,3 juta pengunjung setahun ketika Disneyland Shanghai dibuka tahun 2015.

Disneyland Shanghai berlokasi di sebelah tenggara kota, sekitar 21 km dari Lapangan Rakyat, 18 km dari Lujiazui, 12 km dari Bandara Internasional Pudong, dan 30 km dari pusat transportasi Hongqiao.

Negosiasi dimulai sejak akhir tahun 1990-an, dan momentum meningkat pada tahun 2009 ketika Disney Co yang bermarkas di California, AS dan Pemerintah Kota Shanghai mencapai kesepakatan kerangka kerja awal.

Sejumlah pengamat pasar menyebutkan, Disneyland Shanghai bisa menyedot pengunjung dari Disneyland Hong Kong. Hingga kini Disneyland Hong Kong masih berjuang menarik banyak pengunjung. (Shanghai Daily/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com