Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Apartemen di Beijing Kemungkinan Jatuh Kuartal II-2011

Kompas.com - 04/04/2011, 07:10 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Transaksi penjualan apartemen di Beijing, China tetap suam-suam kuku (hangat) sejak pemerintah mengeluarkan serangkaian kebijakan pembatasan pembelian pada 16 Februari, untuk membantu menekan kenaikan harga apartemen.

Menurut statistik terakhir dari jaringan manajemen perdagangan real estate kota "Beijing Home - Like House" seperti dikutip Shanghai Daily Senin (4/4/11), lebih dari 270.000 rumah baru berpindah tangan pada kuartal pertama tahun 2011, turun hampir 40 persen dibandingkan kuartal ke-4 tahun 2010 lalu. Volume transaksi juga terendah pada kuartal pertama tiga tahun terakhir ini.

Laporan itu menyebutkan, hanya 5.500 rumah baru atau 25 persen dari pembelian apartemen baru pada kuartal pertama, diperdagangkan pada 17 Februari - 31 Maret ini.

Pada bulan Maret 2011, hampir 5.000 unit apartemen yang sedang dalam pembangunan terjual. Angka ini turun 44 persen dibandingkan bulan yang sama tahun 2010.

Bulan lalu, demikian laporan 21 Century Real Estate, terjadi transaksi untuk 11.102 apartemen second-hand. Angka ini terjerembab hingga 50 persen per tahun. Penurunan year-on-year untuk pembelian rumah second-hand terbanyak di Distrik Tongzhou, yang mencapai lebih dari 80 persen.

Lin Lei, yang memimpin pemasaran 21 Century mengatakan, harga apartemen eksisting sebagian besar tidak berubah. Dan jika kebijakan pembatasan diterapkan secara tegas, harga rumah di Beijing kemungkinan jatuh pada kuartal kedua tahun 2011.

Pembatasan baru yang berlaku di ibu kota Republik Rakyat China ini melarang pembelian apartemen baru bagi keluarga Beijing yang memiliki dua atau lebih unit apartemen, juga bagi keluarga yang tidak terdaftar sebagai penduduk Beijing yang memiliki satu unit apartemen.

Keluarga yang bukan warga Beijing yang terdaftar, juga dilarang membeli unit apartemen jika mereka tidak punya izin tinggal atau dokumen yang menunjukkan anggota keluargta telah membayar jaminan sosial atau pajak penghasilan selama lima tahun berturut-turut.

Pemerintah Kota Beijing bertekad menstabilkan dan menurunkan harga apartemen baru tahun ini. (Shanghai Daily/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com