Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Wika Tarik Mundur Proyek Mal dan Tol di Libya

Kompas.com - 17/03/2011, 07:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menarik mundur beberapa proyek di Timur Tengah. Salah satunya adalah proyek pembangunan di Libya. "Hanya bersifat sementara, hal ini dilakukan agar rekan pekerja kami tidak menjadi korban konflik," ujar Board of Management PT Wijaya karya Djoko Rianto, Rabu (16/3/2011).

WIKA yakin, keputusan ini tidak akan memengaruhi citra perusahaan infrastruktur Indonesia di sana. "Sebenarnya kita tidak dilirik karena kalah saing dengan China, mereka menawarkan harga murah, tapi karena kerja kami cepat dan infrastruktur yang kami bangun bagus, mereka jadi sering melibatkan kami," ujarnya percaya diri.

Informasi saja, perusahaan konstruksi ini sedang dalam proses pengerjaan proyek pusat perbelanjaan (mal) di Qurji Investment Complex di Tripoli, Libya, senilai 16 juta dollar AS atau sekitar Rp 141,59 miliar. Proyek mal tersebut sudah digarap sejak September 2010 dan ditargetkan kuartal kedua tahun ini selesai. "Sekitar 30 persen sudah beres" ujar Djoko. WIKA belum tahu secara pasti kapan proyek ini akan kembali berjalan.

Selain membangun pusat perbelanjaan, emiten BUMN ini sedang mengerjakan proyek lanjutan dari proyek jalan tol East West Motorway yang menghubungkan Maroko dengan Aljazair Timur di AlJazair, Afrika Utara. Nilai kontraknya sebesar 5,5 juta dollar AS. "Sekitar 200 km lagi yang belum selesai, AlJazair berharap WIKA akan terus mengerjakan proyek tersebut sampai rampung," ujar Djoko yang menargetkan pada 2012 proyek tersebut selesai dibangun. (Mia Winarti Syaidah/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com