Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Jadikan Investor Ritel Asing sebagai Mitra Strategis

Kompas.com - 07/03/2011, 21:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerja sama antara PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dan sejumlah investor ritel asing untuk mengembangkan bisnis Hypermart mulai menemukan titik terang. Kabarnya, keinginan pemegang saham untuk menjadikan para investor sebagai mitra strategis disambut positif para investor.

Seperti diketahui, ada sejumlah peritel asing yang mengincar bisnis ritel milik Lippo Group, Hypermart yang saat ini berada di bawah naungan MPPA.

Salah satu peritel yang secara resmi menyatakan ketertarikan adalah peritel asal Korea Selatan Lotte Shopping Co Ltd (Lotte). Namun, berdasarkan penelusuran KONTAN, ada tiga peritel asing lain yang juga berminat, yaitu Shinsigae Co. dari Korea Selatan, peritel AS Wal-Mart Stores Inc, dan Groupe Casino dari Prancis.

Belum ada pernyataan resmi dari manajemen terkait bentuk kerja sama seperti apa yang akan terjalin. Apakah para investor itu akan masuk sebagai pemegang saham atau hanya sebatas mitra strategis.

Namun, CEO Lippo Group James Riady mengemukakan, jika didasarkan strategi bisnis perseroan, pilihan mengajak para investor menjadi mitra strategis adalah pilihan yang paling pas. "Kita inginnya mengajak menjadi mitra saja, mereka (investor) mau kok diajak jadi mitra," ujarnya.

Bisa dibilang, nantinya para investor tersebut hanya menyetorkan modalnya saja tanpa ikut mengelola dalam manajemen. (Amailia Putri Hasniawati/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com