Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Dukung Program Rumah Murah Rp 25 Juta

Kompas.com - 02/03/2011, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso mengatakan, pihaknya mendukung rencana Kementerian Perumahan Rakyat (Kempera) yang menargetkan program rumah murah seharga Rp 25 juta per unit.

Menurut Setyo, saat ini REI masih menunggu kematangan perencanaan yang tengah dikaji oleh Kempera, terutama mengenai kepastian harga yang menyangkut material bangunan dan lokasi program rumah murah ini. "REI mendukung program ini, pada prinsipnya bisa saja membangun rumah murah dengan harga Rp 20-Rp 25 juta, tentunya hanya bangunan tanpa tanah," katanya ketika dihubungi Kompas.com, Rabu.

Agar pembangunan rumah murah ini terwujud, Setyo mengatakan, penyediaan tanah dan infrastruktur disiapkan oleh pemerintah pusat yang bekerja sama pula dengan pemerintah daerah. Sementara mengenai kawasan yang dirujuk menjadi penyediaan rumah murah, Setyo mengatakan masih menunggu keputusan dari Kempera.

"Kami masih menunggu keputusan dari Kempera, sementara ini REI dalam tahap inovasi dan pengembangannya. Mungkin kalau kawasannya bisa di Jabodetabek, tetapi tergantung kesempatan yang diberikan dari pemerintah," ujarnya.

Ditanya mengenai kemungkinan kepastian harga rumah murah seharga Rp 20-Rp 25 juta, Setyo mengatakan, hal ini bisa saja diwujudkan, tetapi dengan standar yang diturunkan dari pembangunan rumah dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Seperti diberitakan, pemerintah lewat Kempera dan Kemkeu tengah mengkaji program pengadaan rumah murah dari sisi jumlah anggaran dan jumlah unit rumah murah yang akan dibangun. Rumah murah ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau yang memiliki penghasilan di bawah Rp 2,5 juta per bulan.

Suharso mengatakan, rumah harga Rp 25 juta ini pada prinsipnya sama dengan FLPP. Harga rumah ini diperuntukkan masyarakat yang berpenghasilan Rp 2,5 juta ke bawah per bulannya. "Nantinya, masyarakat berpenghasilan rendah ini dapat mencicil rumah tanpa uang muka," ujarnya. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com