Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Taman Tetap Indah di Gulita Malam

Kompas.com - 28/02/2011, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Taman Anda bisa dinikmati pada malam hari. Caranya, dengan memasang lampu di bawah pohon. Pemasangan yang tepat bikin pohon dan taman jadi lebih indah.

Keindahan taman bisa jadi mubazir di malam hari. Gelap dan malah kadang menakutkan, karena sudut-sudut taman yang terisi pohon terlihat gelap.

Untuk menikmatinya pada malam hari, cobalah menambah titik cahaya di area taman Anda. Dijamin hasilnya sangat memuaskan. Pohon yang memiliki bentuk organik sebenarnya sangat menarik untuk di ekspos.

Lekukan-lekukannya justru memberikan keindahan pada shape atau bentuk taman Anda. Bosan bukan melihat taman yang hanya berbentuk kotak? Penambahan lighting taman ini salah satu solusinya.

Lalu, bagaimana sih cara pasangnya? Coba simak dulu langkah-langkah berikut. Ada hal yang harus diperhatikan lho, di antaranya:

1) Jenis listrik yang digunakan adalah listrik DC (listrik searah). Listrik ini lebih aman karena dapat meminimalkan risiko kebocoran kabel yang menyebabkan orang kesetrum. Listrik DC yang digunakan bertegangan 9V-12V. Gunakan lampu yang menggunakan ballast. Ballast mengubah energi listrik AC menjadi DC.

2) Agar lebih aman, gunakan pipa untuk membungkus kabel. Pipa bisa ditanam 15cm di dalam tanah. Gunakan pula lampu dengan spesifikasi outdoor .

3) Posisikan lampu sehingga bagian bawah hingga 1/3 batang pohon terkena cahaya. Tak perlu memaksakan pohon terlihat semua, karena yang diekspos adalah bentuk liukan dahan pohon dan bagian bawah pohon yang memberi kesan meruang.

Dan begini langkah pemasangan lampu:

1) Tentukan posisi titik lampu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com