Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandaria 8, Gedung Bersertifikat Bangunan Hijau Pertama

Kompas.com - 27/02/2011, 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah-tengah pemerintah DKI Jakarta menyusun peraturan daerah tentang bangunan hijau, gedung perkantoran Gandaria 8 yang merupakan bangunan terintegrasi dalam superblok Gandaria City, telah selangkah lebih maju. Gandaria 8 telah menerima sertifikat tingkat emas untuk bangunan hijau dari Building and Construction Authority (BCA) atau Badan Sertifikasi Gedung dari Singapura.

"Kami telah menerima sertifikatnya untuk tingkat emas dengan total ratingnya 60," kata Irwan Sendjaja, Corporate General Manager Operations PT. Artisan Wahyu, anak perusahaan Grup Pakuwon kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu sore.

Menurut Irwan, rating penilaian yang diterapkan oleh BCA sangat ketat. Penilaiannya terdiri dari lima hal, yakni Efisiensi energi, Efisiensi air, Perlindungan Lingkungan, Kualitas lingkungan dalam ruangan, dan Penghijauan lainnya.

"Kelima penilaian yang masih ada sub-sub penilaian ini kami terapkan dalam perkantoran Gandaria 8. Sementara kriteria hijau untuk bangunan superblok lainnya, yakni mal dan kondominium diterapkan tapi tidak sedetail perkantorannya," kata Irwan.

Dengan sertifikasi bangunan hijau, Irwan mengakui perkantorannya memiliki nilai lebih dibandingkan lainnya. Menurut pria yang juga menjadi ketua umum Asosiasi Manajemen Properti Indonesia (AMPRI), dengan sertifikasi maka penyewa akan merasakan manfaat efisiensi dan kesehatan. "Untuk perusahaan multinasional lebih senang dengan kantor kami, yang intinya peduli terhadap lingkungan," katanya.

Gandaria 8, satu dari tiga bangunan superblok Gandaria City, merupakan perkantoran dengan 36 lantai. Perkantoran ini terhubung dengan Gandaria City Mal, sebuah pusat perbelanjaan yang diisi 500 gerai ritel, diramaikan anchor tenant seperti Metro Department Store, Lotte Mart, dan penyewa lainnya seperti Index, Ace Hardware, Gramedia, Amazone, Lollipop, dan Toyland. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com