Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Lirik Potensi Properti Karawang

Kompas.com - 26/02/2011, 12:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah wilayah Bekasi sebagai salah satu kota satelit ibukota Jakarta dipenuhi dengan hunian, pengembang melihat potensi hunian baru di Karawang, Jawa Barat.

Salah satu pengembang yang akan tertarik membangun di Karawang untuk hunian landed adalah PT. Agung Podomoro Land, Tbk (APL). Menurut Sekretaris Perusahaan, Prisca Batubara, pemilihan lokasi di Karawang bukan tanpa alasan. Kota ini dipandang potensial karena berkembang pesat sebagai kawasan industri.

"Tahun 2010, di karawang itu pertumbuhan ekonominya mencapai 6,9 persen lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang mencapai angka 6,1 persen. Ini salah satu indikator kami melihat potensi Karawang untuk hunian," kata Prisca kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Prisca mengatakan dengan tinggal di Karawang jarak yang harus ditempuh seseorang memang lebih lama, namun waktu sampainya akan lebih cepat. "Bekasi sudah penuh hunian, di Karawang belum. Tapi kita bisa dapat keuntungan dari infrastruktur di Bekasi," ujarnya.

Hunian baru APL di Karawang akan diberi nama Grand Taruma dengan luas tanah 40 hektar. Rencananya sebelum bulan Juni 2011, hunian ini akan diluncurkan. Grand Taruma adalah satu dari tiga proyek properti yang diakusisi APL pasca IPO pada awal November 2010 lalu. Dua proye lainnya adalah Green Lake di Sunter dan Green Permaata Residence di lujami.

Alasan pengembang membangun hunian di Karawang sebagai kawasan industri cukup jitu. Menurut data yang dikeluarkan Cushman dan Wakefield, pada kuartal IV tahun 2010 di kawasan ini bersama Bekasi dan Purwakarta mampu menyerap 90 persen penjualan tanah industri. Permintaan industri antara lain berasal dari industri kendaraan bermotor dan baja. (Natalia Ririh)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com