Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpera Bangun 18,5 Twin Block TNI AD di 17 Lokasi

Kompas.com - 18/02/2011, 16:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) pada tahun anggaran 2011 akan mengalokasikan anggaran untuk membangun sekitar 18,5 twin block (TB) Rusun Sejahtera untuk TNI AD dan sekolah. Direncanakan pembangunan Rusun Sejahtera tersebut akan dibangun di 17 lokasi di seluruh Indonesia.

“Pada tahun 2011 Kemenpera akan melaksanakan pembangunan Rusun Sejahtera untuk TNI AD sebanyak 18,5 TB. Adapun lokasinya tersebar di 17 lokasi di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Perumahan (P2P) Kemenpera, Kuswardono saat memberikan laporan pada peresmian Rusunawa Kodam Jaya di Bekasi, Jawa Barat.

Kuswardono menerangkan, dari rencana 18,5 TB yang akan dibangun oleh Kemenpera, sebanyak 14 TB dibangun di 10 Kodam. Kodam yang akan menerima bantuan Rusun Sejahtera dari Kemenpera tersebut di antaranya Kodam Bukit Barisan, Kodam Siliwangi, Kodam Tanjungpura dan Kodam Cendrawasih masing-masing sebanyak 2 TB.

Sedangkan Kodam Iskandar Muda, Kodam Jaya, Kodam Diponegoro, Kodam Brawijaya, Kodam Tanjungpura dan Kodam Wirabuana akan mendapatkan 1 TB.

Kuswardono menjelaskan, bantuan Rusun Sejahtera juga akan diberikan untuk anggota Kostrad dan Kopassus. Sebanyak 2 TB Rusun Sejahtera akan dibangun untuk Kostrad di Cibinong dan Malang. Adapun untuk Kopassus akan mendapat bantuan 1 TB di Pontianak.  “Untuk Kostrad di Cibinong dan Malang masing-masing memperoleh bantuan 1 TB Rusun,” terangnya.

Terkait dengan program untuk pendidikan, Kemenpera pada 2011 juga akan mengalokasikan anggaran pembangunan Rusun Sejahtera untuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menurut rencana penerima bantuan Rusun Sejahtera untuk pendidikan adalah Stikes Ahmad Yani di Yogyakarta sebanyak 1 TB dan setengah TB untuk SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

“Rusun sejahtera yang dibangun nantinya sebanyak 72 kamar dengan desain double luggage seluas 36 meter persegi pada tiap-tiap kamar,” katanya. (KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com