Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangsel Bangun Lahan Parkir di Lima Stasiun KRL

Kompas.com - 07/02/2011, 13:35 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan, Banten, sedang merencanakan pembangunan lahan parkir di lima stasiun kereta api.

"Nantinya, pengendara roda empat dapat menitipkan kendaraannya ketika bepergian menggunakan kereta api," kata Kepala Bappeda Kota Tangsel, Edi Adolf Malounda, di Tangerang Selatan. Dia mengungkapkan, pembangunan lahan parkir juga dimaksudkan sebagai solusi menghadapi persoalan kemacetan lalu lintas. "Karena, dengan beralihnya pengguna mobil menggunakan jasa transportasi kereta api, maka akan dapat mengurangi jumlah kendaraan yang beredar di jalanan," ujar dia.

Stasiun kereta api yang akan disediakan lahan parkir di antaranya Stasiun Serpong, Stasiun Rawabuntu, Stasiun Sudimara dan Stasiun Pondok Ranji.  "Meski saat ini masih dilakukan pembahasan, tetapi kami harapkan dapat direalisasikan," katanya.

Rencana ini pun seirama dengan rancangan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten dan Kota Tangsel soal pembangunan monorel sepanjang 28 kilometer menuju Bandara Soekarno Hatta.

Stasiun monorel ini akan terintegrasi dari stasiun Rawa Buntu hingga ke Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, monorel berdiri di atas trotoar jalan yang juga akan melintasi beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Tangsel maupun perkantoran hingga tembus ke Bandara Soekarno Hatta. "Intinya adalah mengurai kemacetan. Kita siapkan lahan parkir kendaraan di stasiun KA. Tinggal penumpang yang memilih mau ke tujuan mana," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com