Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Lahan di Shanghai Dilelang Senilai 772 Juta Dollar AS

Kompas.com - 22/01/2011, 22:21 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Lima bidang tanah dengan luas lebih dari 248.000 meter persegi di Shanghai, China dilelang dengan nilai keseluruhan 5,08 miliar yuan atau 772 juta dollar AS.

Poly Real Estate Group, pengembang kedua terbesar di China, mengakuisisi lahan seluas 98.805 meter persegi di Dachang Town di Distrik Baoshan, satu-satunya lahan yang dirancang untuk tujuan perumahan, dengan harga 2,67 miliar yuan, atau 156 persen dari harga awal. Harga kotor rata-rata adalah 13.455 yuan per meter persegi, harga paling mahal dalam lelang kemarin.

Dari empat bidang lahan yang dilelang, tiga di antaranya berlokasi di Distrik Jiading, yang semuanya didesain untuk tujuan mixed-use yang terdiri dari pengembangan ritel, residensial, dan perkantoran.

“Semua bidang tanah yang diakuisisi termasuk ruang untuk pembangunan perumahan. Ini tidak sering terjadi di pasar tanah di Shanghai,” kata Lu Yiping, analis situs layanan real estate Soufun.com. “Ini membantu menarik para pengembang,” katanya.

Pengembang Sino-Ocean Land Holdings Ltd yang tercatat dalam Bursa Saham Hong Kong membayar 538 juta yuan untuk 35.642 meter persegi lahan yang akan digunakan untuk proyek residensial dan ritel di kota baru Luodian di Baoshan, sebagai bagian dari kota baru. Rata-rata harga lahan adalah 6.041 yuan per meter persegi, atau 44 persen lebih tinggi dari harga yang diminta.

Sino-Ocean Land membeli dua bidang tanah untuk proyek residensoal di area yang sama pada bulan Agustus, dengan nilai 1,9 miliar yuan.

Tiga bidang tanah lainnya di Jiading terjual kepada pengembang yang berbeda. (Shanghai Daily/KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com