Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carport Atap Tanaman: Perlu Usaha untuk Hasil Luar Biasa

Kompas.com - 21/01/2011, 11:06 WIB

KOMPAS.com -  Iri melihat carport tetangga lebih hijau dari carport sendiri? Untuk mendapatkannya memang perlu usaha dan kesabaran ekstra. Tapi segala usaha nanti akan terbayar kok setelah melihat hasilnya. Siap?

Yang dimaksud carport hijau di atas, adalah carport beratap tanaman hijau. Carport model ini seringkali bikin iri. Apalagi melihat milik orang lain, yang sudah rimbun dan teduh.

Sayangnya, banyak orang yang menginginkan atap carport seperti ini, lantas menyerah di tengah jalan. Maklum saja, kita tidak bisa mendapatkannya dengan instan, seperti saat memasang atap polikarbonat atau kaca.

Untuk mendapatkan atap tanaman, kita perlu menyiapkan rangka dan tanaman rambat. Menunggu tanaman rambat menutupi seluruh bagian rangka carport inilah yang perlu kesabaran ekstra, dan ketekunan merawat si tanaman. Soal pilihan tanaman rambat, Anda bisa memilih sirih, alamanda, dan berbagai tanaman rambat lainnya.

Memang, sih, selama carport masih "gundul", mau tidak mau area ini jadi panas, karena tak ada perlindungan dari sinar matahari. Untuk masalah yang satu ini ada solusinya. Sementara tanaman rambat masih jarang - belum lebat, pasang saja atap polikarbonat.

Paling tidak, bisa melindungi kendaraan Anda dari terpaan cahaya matahari yang terik. Nanti, setelah tanaman rambat mulai lebat, lepas polikarbonat.

Bagaimana? Siap "memuaskan" rasa iri, dengan menyaingi atap carport tetangga yang lebih hijau? (Anissa Q. Aini/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com