Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Makan: Banyak Warna dan Motif Buat Suasana Ceria

Kompas.com - 14/01/2011, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Ceria, unik, dan akrab adalah tiga karakter yang pas menggambarkan ruang makan di foto ini. Anda pun pribadi yang pas digambarkan dengan ketiga kata tadi? Maka ruang makan ini untuk Anda.

Meja makan harus satu set dengan kursinya. Kursi-kursi tadi pun harus seragam, supaya tampilannya rapi. Ini, sih , zaman dulu. Sekarang gaya penataan ruang sudah lebih bebas, sesuai karakter dan selera pemiliknya.

Ingin membuat ruang makan yang "hidup", serba bervariasi bentuk, warna, dan motif, bukan masalah. Contoh saja ruang makan yang satu ini. Kalau bicara gaya, mungkin akan pusing menentukannya. Modern iya, eklektik pun iya. Kita sebut saja "campur-campur", setuju?

Si ruang makan "campur-campur" ini, tak bisa dipungkiri, memang menarik. Baru melihat fotonya saja, mata sudah tertawan. Salah satu alasannya, bisa jadi karena tatanannya yang tidak baku. Kita mulai dengan furnitur utama di ruang makan, set meja dan kursi makan. Jauh dari kata seragam, meja dan kursi makan tidak berasal dari gaya desain yang sama. Keempat kursinya pun punya tampilan yang berbeda.

Meja makan memiliki hiasan mozaik di permukaannya, begitu pula di sekeliling top table -nya. Bentuk seperti ini, walaupun tidak sama persis seperti ini, kerap kita jumpai di meja-meja gaya Maroko. Beranjak ke kursi. Dua buah kursi bergaya klasik, dengan sandaran elips dan berornamen lengkung. Dua kursi lainnya bergaya modern, dengan upholstery bermotif kotak.

Perhatikan dindingnya, pun dilabur dengan warna berbeda. Ada kuning kehijauan seperti jeruk limau, ada pula bidang yang diwarnai biru muda. Bidang dinding lain dilapisi cermin, atau dilabur cat putih.

Sekian banyak motif dan warna dilebur jadi satu, tapi tampilannya toh tetap rapi. Apa pasal? Karena pengaplikasiannya tidak dominan. Dominasi putih pada plafon dan beberapa dinding, juga krem pada lantai, tetap memberikan kesan netral. Di antara "lautan" warna netral inilah, sang pemilik "menghiasinya" dengan sedikit paduan warna dan motif berbeda. Hasilnya, bisa Anda lihat sendiri, unik dan beda! (Anissa Q. Aini/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com