Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Meja Belajar Anak

Kompas.com - 07/01/2011, 19:27 WIB

KOMPAS.com - Tak lengkap rasanya menata kamar tidur si kecil, tanpa menempatkan meja belajar. Tapi meja belajar seperti apa, sih , yang cocok untuk mereka?

Meja belajar sebenarnya tidak perlu berdesain kaku, dengan banyak laci. Kita bisa sesuaikan dengan usia anak yang akan menggunakannya. Untuk balita, lebih baik menempatkan meja dengan kursi pendek dengan warna-warna cerah. Selain lebih mewakili karakter ceria, warna-warna cerah juga lebih merangsang kreativitas mereka.

Ketika si kecil beranjak besar, duduk di sekolah dasar, dimana mereka mulai mengerjakan pekerjaan rumah, barulah tempatkan meja belajar berukuran lebih besar. Pastikan meja belajar ini mampu menampung semua keperluannya, termasuk komputer, jika memang ia membutuhkan. Jika perlu lengkapi area meja belajar dengan rak. Ambalan adalah solusi jitu jika kamar tidur tidak menempati area yang cukup luas.

Soal desain pilih meja belajar yang tidak lagi terlalu berkesan "anak-anak". Pilih juga warna-warna netral, atau jika masih ingin menempatkan yang berwarna cerah, pilih yang polos tanpa motif. Mengapa dua hal ini perlu diperhatikan? Supaya meja belajar bisa digunakan hingga si kecil makin besar.

Tempatkan pernak-pernik kesukaan mereka di meja belajar, untuk membantu mereka lebih bersemangat belajar. Jangan lupa tempatkan juga lampu meja, untuk memberikan pencahayaan yang cukup, demi menjaga matanya tetap sehat. Dengan demikian, si kecil akan merasa nyaman saat belajar dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah mereka. (Anissa Q. Aini/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com