Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carrefour Buka Gerai Pertama di India

Kompas.com - 04/01/2011, 11:09 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Tahun ini Carrefour membuka gerai pertamanya di New Delhi, India. Gerai perusahaan ritel raksasa asal Prancis ini memiliki luas hingga 5.200 meter persegi (m2). "Kami akan membuka gerai lainnya di India dalam waktu dekat," ujar Lars Olofsson CEO Grup Carrefour, pekan lalu

Kedatangan Carrefour ke India ini akan menjadi saingan peritel raksasa asal AS Wal-Mart yang sudah lebih dulu membuka gerainya di sini. Hingga kini, Wal-Mart sudah memiliki 2 toko grosir dan berencana akan membuka 10 gerai lagi dalam empat tahun kedepan.

Walaupun begitu, Carrefour tidak gentar. Perusahaan ini berharap, dengan gerai perdananya ini, mampu masuk kedalam pasar menengah di India yang populasinya mencapai 1,1 miliar di India.

Pemerintah India pada 2006 silam memang telah memperbolehkan investasi asing hingga lebih dari 51 persen dalam sektor ritel. Namun, hanya beberapa merek yang bisa memasuki India seperti Rebook.

Setelahnya, Wal-Mart pada tahun 2006 pun berhasil masuk ke pasar India melalui persetujuan kerjasama dengan Bharti Enterprises. Namun, dengan makin banyaknya peritel raksasa asing menguasai pasar ritel India, para peritel kecil di negara ini sudah mulai merasa tertekan. Mereka takut, usahanya makin terpinggirkan dengan adanya investasi asing di sektor ritel ini. (Rizki Caturini/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com