Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2011, Anggota REI Siapkan 5.000 Unit Apartemen

Kompas.com - 16/12/2010, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso memprediksi pada tahun 2011 sektor industri properti akan mengalami peningkatan. Hal ini terutama karena akan segera disahkannya RUU Perumahan dan Permukiman (Perkim) yang mengatur tentang kepemilikan asing, untuk unit vertical residences seperti apartemen.

"Untuk sektor apartemen di tahun 2011 ini akan lebih bagus karena di dalam RUU Perkim sudah menyebutkan soal kepemilikan orang asing," ucap Setyo, Kamis (16/12/2010), dalam acara Markplus Conference, di Pacific Place, Jakarta.

RUU Perkim tersebut, lanjutnya, akan segera disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Desember ini. Dengan diperbolehkannya kepemilikan asing pada hunian vertikal akan menggairahkan kembali sektor industri properti.

Bahkan, untuk mengantisipasi membludaknya permintaan, para anggot REI, seperti yang diakui Setyo, menyiapkan 5.000 unit apartemen ready stock. "Kalau bisa direalisasikan di semester pertama tahun 2011 Peraturan Pemerintahnya, kami anggota REI sudah menyiapkan 5000 unit yang ready stock," ungkap Setyo.

Setyo memprediksi, untuk sektor hunian vertikal masih akan didominasi oleh apartemen kelas menengah dengan nilai Rp 200-400 juta. Sementara untuk apartemen kelas menengah ke atas, pertumbuhan di tahun 2011 diprediksi akan lebih besar dari tahun 2010 yang mencapai 12 persen. (Sabrina Asril)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com