Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intiland Bangun Graha Natura yang Inovatif dan Green Property

Kompas.com - 14/12/2010, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk menyiapkan Graha Natura, sebuah proyek perumahan baru di Surabaya. Graha Natura disiapkan sebagai perumahan dengan konsep yang benar-benar baru dan produk inovasi yang bakal menjadi tren sebuah kawasan perumahan di masa depan.

Proyek perumahan yang lokasinya berada di kawasan Surabaya Barat ini merupakan pemukiman terpadu yang memiliki potensi pengembangan seluas 100 hektar. Peluncurkan Graha Natura ini menyusul kesuksesan perseroan dalam mengembangkan Graha Famili sebagai barometer kawasan perumahan ideal di Surabaya.

Sinarto Darmawan, Wakil Presiden Direktur dan Chief Operating Officer Intiland sangat optimistis Graha Natura akan menjadi salah satu barometer perumahan modern yang mengutamakan aspek kesehatan, teknologi, dan natural. Proyek ini memiliki skala pengembangan cukup luas dan terpadu serta diperkirakan akan selesai dalam lima tahun ke depan.

"Kami telah melakukan investasi awal untuk pembebasan lahan dan pembangunan sarana infrastruktur kawasan. Kami yakin Graha Natura akan menjadi salah satu perumahan paling favorit bagi masyarakat Surabaya yang menginginkan hunian yang modern dan asri serta menjadi sarana investasi yang menguntungkan," kata Sinarto.

Menurutnya, Graha Natura dirancang untuk membidik segmen pasar menengah ke atas. Untuk pengembangan tahap pertama, perseroan telah menyediakan lahan seluas 32 hektar yang akan dikembangkan untuk 492 kavling rumah tinggal yang terbagi ke delam empat kluster yang akan diluncurkan pada awal tahun 2011. "Kami telah memulai pembangunan infrastruktur dan 16 unit rumah contoh karya arsitek ternama Indonesia, antara lain seperti Simonata dan Budhi Harmunanto," ujarnya.

Rencana induk atau masterplan pengembangan Graha Natura dikerjakan oleh firma arsitek terkemuka Peddle Thorp Indonesia. Sementara untuk desain arsitektural landscape dipercayakan kepada Karl Prinsic, sebuah firma arsitektur yang banyak mengerjakan desain landscape hotel-hotel di Bali.

 

Sebagai perumahan baru di Surabaya, menurutnya, Graha Natura menawarkan konsep dan nilai lebih sebuah kawasan hunian yang ideal dan sesuai kebutuhan masyarakat modern. Perumahan ini menawarkan konsep inovasi baik dari sisi desain arsitektural, pengembangkan kawasan, infrastruktur dan teknologi.

Desain arsitektural dari rumah-rumah di Graha Natura bertujuan pada pencapaian aspek kenyamanan, kemudahan, dan harmonisasi keluarga sebagai prioritas utama. Ruangan-ruangan utama sengaja ditempatkan di lantai dasar bertujuan agar kebersamaan dan komunikasi antaranggota keluarga.

Menurut Sinarto kebutuhan dan pemahaman masyarakat mengenai konsep luxury atau kemewahan sebuah rumah tinggal terus mengalami berubah. Dulu yang diartikan luxury adalah sebuah rumah besar dan megah yang dilengkapi dengan pilar-pilar tinggi. Kemudian konsep tersebut berubah bahwa yang dianggap luxury adalah rumah dengan konsep green dengan lingkungan asri yang dipenuhi pohon-pohonan.

"Kami melihat konsep luxury atau kemewahan rumah tinggal akan bergeser ke fokus pada aspek kesehatan dan teknologi. Konsep rumah dan lingkungan sehat akan menjadi tren baru yang di dalamnya mencakup aspek alami dan asri serta penerapan teknologi tepat guna. Kami akanmenerapkan inovasi dan konsep rumah sehat sebagai keunggulan utama di Graha Natura," ujarnya lebih lanjut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com