Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Ciputra Garap Lima Proyek Properti di Luar Jawa

Kompas.com - 19/11/2010, 18:32 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasar properti luar Pulau Jawa diyakini potensial bagi para pengembang nasional karena belum optimalnya pengerjaan perumahan di kawasan tersebut.

"Mulai tahun depan, kami siap mengembangkan tiga sampai lima proyek properti ke pasar luar Jawa," kata Direktur PT Ciputra Development Tbk, Tulus Santoso di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, pengembangan proyeknya dengan membidik pasar luar Jawa, dipicu kebijakan otonomi daerah di sana memberikan pengaruh positif. "Kondisi itu menimbulkdan dampak yang baik terhadap pertumbuhan ekonomi di luar Jawa, sehingga terus meningkat," ujarnya.

Terkait besarnya potensi pasar luar Jawa, jelas dia, seperti Pekanbaru, Jambi, Pontianak, Kendari, Ambon, dan Kupang.

"Di sisi lain, kami telah mengembangkan enam proyek perumahan di sejumlah kota di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi," katanya.

Ia mencontohkan, di antaranya Citra Grand City Palembang, Citra Garden Lampung, Citraland City Samarinda, Citra Garden Banjarmasin, Citra Bukit Indah Balikpapan, dan Citraland Celebes Makassar. 

"Luar Jawa tetap jadi sasaran para pengembang khususnya di ibu kota provinsi dan kabupaten," paparnya.

Di samping itu, ia mengaku, tidak akan meninggalkan perluasan pasar properti di Jawa misalnya di Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Yogyakarta. "Sejumlah wilayah itu difokuskan untuk pengembangan perumahan kelas menengah," katanya.

Terkait pencapaian total penjualannya, lanjut dia, per Oktober 2010 ada kenaikan sebesar 30 persen atau menjadi Rp1,8 triliun.  "Padahal, targetnya tahun ini Rp1,3 triliun," katanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com