Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Desain ID, Wahana Berbagi Inspirasi dan Inovasi Desain Interior

Kompas.com - 18/11/2010, 18:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain.ID sebuah pameran dan konferensi desain dibuka untuk kali pertama hari Kamis (18/11/10). Pameran yang akan berlangsung pada 18 hingga 21 November 2010 ini merupakan hasil kerja sama Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) dengan Dyandra Promosindo.

Pameran yang mengambil tema "Decoding Space + Experience" ini dirancang dan diselenggarakan sebagai forum internasional pertama sebagai wahana berbagi inspirasi dan inovasi desain dan bisnis. Serta secara khusus pameran yang mencakup area Assembly, Plenary Hall dan Main Lobby di Jakarta Convention Centre (JCC) ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan inspirasi profesi desain interior Indonesia ke masyarakat luas.

Desain.ID dibuka secara resmi pagi ini oleh Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum, Ir. Budi Yuwono PS, Dipl. S.E. dan dihadiri beberapa pejabat negara lainnya. Kehadiran pejabat negara ini menandakan besarnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan industri desain interior nasional.

Budi Yuwono menyampaikan penghargaannya atas penyelenggaraan pameran Desain.ID yang diharapkannya dapat memberikan gambaran dan edukasi tentang kemajuan dunia industri desain interior saat ini. Budi menegaskan, untuk menghadapi perkembangan dan tantangan dari dunia industri interior, pendidikan desain interior di Indonesia diharapkan dapat menghasilkan tenaga desainer profesional yang mampu berkiprah di bidangnya dan juga bersaing dengan para desainer interior asing.

Budi menambahkan, saat ini pemerintah telah menyelenggarakan pembinaan bangunan gedung secara nasional untuk meningkatkan pemenuhan persyaratan dan tertib penyelenggaraan bangunan gedung, untuk mentertibkan dan mencapai keandalan bangunan gedung sesuai dengan fungsinya, serta terwujudnya kepastian hukum

"Saya berharap HDII dengan pameran Desain.ID ini dapat terus meningkatkan kemampuan profesional dan menemukan inovasi-inovasi dalam perancangan interior, dis amping untuk menghindarkan terjadinya kegagalan konstruksi dan juga untuk meningkatkan daya saing terhadap desainer interior asing" tegas Budi Yuwono.

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) sebagai penyelenggara berharap melalui pameran Desain.ID ini, HDII ingin memperkenalkan indusri desain interior kepada masyarakat luas, pameran ini diharapkan juga memberikan nilai edukasi kepada para peserta dan pengunjung.

Ketua Umum HDII, Arjon mengemukakan tujuan pameran Desain.ID ini untuk meningkatkan standar desain interior serta mutu pelaksanaan profesi desainer interior, meningkatkan kontribusi desain interior bagi kehidupan masyarakat serta melayani kebutuhan para desainer interior terutama untuk mempromosikan bidang keahlian dan sasaran kegiatannya.

"Dengan mengangkat Decoding Space + Experience sebagai tema dari pameran ini, HDII selaku penyelenggara memfokuskan pada pengkajian berbagai cara designer dan para ahli menciptakan ruang dari keberagaman multikultural yang menarik dan inovatif," ungkap Arjon.

Tidak hanya menampilkan karya para desainer dan industri, Desain.ID yang akan berlangsung selama empat hari ke depan juga akan menghadirkan dengan beragam kegiatan pendukung antara lain seminar, konferensi, diskusi buku, workshop, kompetisi desain, serta berbagai macam acara pendukung lainnya. Dim ana dalam kegiatan-kegiatan tersebut Desain.ID mengundang pembicara internasional dan juga nasional untuk berpartisipasi membagi pandangan dan pengalaman mereka, seperti Claude Barube, Geoff Fizzpatrick, Laretna T. Adhisakti, Budi Faisal, Dwi Nita, Imelda Akmal, Jerry Aurum dan lainnya.

Farida Alaydroes Chairman Desain.ID, Irvan Noe'man Steering Committee Desain.ID. dan Andreas Laratsemi Ketua Organizing Committee, berharap acara ini menjadi langkah awal akan kontinuitas sebuah wadah pertemuan antara industri, para desainer dan masyarakat luas yang dapat memberikan inspirasi tanpa batas di tahun - tahun mendatang dan mengekspos nama Indonesia di mata dunia dengan nilai budaya yang tinggi, kaya dan indah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com