Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakob Oetama: Lega dan Bangga Bisa Bangun "Green Building"

Kompas.com - 28/10/2010, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri dan Presiden Komisaris Kompas Gramedia Jakob Oetama mengaku lega dan bangga perusahaannya dapat membangun green building di Jakarta.

“Jujur saja, sebelumnya saya agak waswas dengan persoalan banjir di Jakarta saat ini dan gedung-gedung tinggi disebutkan jadi penyebabnya. Namun, saya lega dan bangga karena gedung yang dibangun Medialand ini gedung ramah lingkungan, green building,” kata Jakob Oetama dalam acara penutupan atap terakhir (topping off) gedung Allianz Tower di kawasan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (28/10/2010) pagi.

Hadir antara lain Presiden Direktur Medialand International Teddy Surianto, Komisaris Medialand Irwan Oetama, Presiden Direktur Allianz Indonesia Joachim Wessling, dan CEO Leads Marketing Consultant Hendra Hartono.

Menurut Jakob Oetama yang juga Pemimpin Umum Harian Kompas, green building kini merupakan salah syarat utama pembangunan gedung di Jakarta. “Dan kami bangga bisa membangun gedung yang ramah lingkungan dan hemat energi. Kami bangga bisa ikut berkontribusi pada pelestarian lingkungan,” kata Jakob Oetama.

Sementara itu, Presdir Medialand Teddy Surianto mengatakan, green building kini merupakan kebutuhan perusahaan, terutama perusahaan multinasional.

Medialand bersyukur karena Allianz Tower menyewa 60 persen ruangan di gedung sehingga memperoleh hak nama gedung ini. Allianz Tower dapat digunakan pada Februari 2011.

CEO Leads Marketing Consultant Hendra Hartono menyampaikan rasa salut kepada Medialand yang berani membangun green building di Jakarta karena selama ini green building belum populer.

Green building banyak dicari perusahaan asing yang memang menerapkan syarat itu pada gedung yang akan ditempati sebagai kantor.

“Pada Januari 2008, Allianz mencari kantor baru dengan kriteria sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Kriteria yang diinginkan Allianz ternyata dapat dipenuhi Medialand dalam bentuk ramah lingkungan dan hemat energi,” ungkap Hendra Hartono, yang perusahaannya menjadi agen pemasaran tunggal gedung yang dibangun Medialand.

Desain Allianz Tower yang unik dan elegan ini hasil mahakarya arsitek Budiman Hendropurnomo dari Denton Corker Marshall Indonesia. “Allianz Tower dirancang secara optimal untuk menekan global warming dan pengaruh gedung terhadap alam. Bangunan gedung hanya 30 persen dari luas lahan. Selebihnya, 70 persen berupa ruang terbuka hijau,” kata Budiman. (Robert Adhi Ksp)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com