Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sewa Perkantoran Grade A di Puxi Shanghai Naik Pesat

Kompas.com - 13/10/2010, 15:06 WIB

 

SHANGHAI, KOMPAS.com - Perkantoran grade A di kawasan Puxi, Shanghai, China mengalami kenaikan tercepat pada kuartal ketiga tahun 2010 dibandingkan dua tahun sebelumnya, menyusul permintaan yang besar untuk memperluas dan meng-upgrade perusahaan-perusahaan multinasional.

Rata-rata harga sewa gedung perkantoran grade A di Puxi naik 6 persen, menjadi 7 yuan atau 1,05 dollar AS per meter persegi per hari pada periode Juli-September. Ini merupakan pertumbuhan tercepat sejak awal tahun 2008 lalu. Demikian diungkapkan perusahaan penyedia layanan real estate internasional, Jones Lang LaSalle, Rabu.

"Permintaan dari perusahaan-perusahaan multinasional terus tumbuh karena banyak di antara perusahaan tersebut melanjutkan ekspansi setelah dua tahun," kata Anthony Couse, Managing Director Jones Lang LaSalle Shanghai. "Para peritel asing aktif dalam pasar sehingga mereka memperluas ruangan dan meningkatkan kualitas kantor mereka untuk mendukung ekspansi perusahaan di China," kata Anthony.

Perusahaan internasional yang bergerak di bidang pakaian olahraga, Puma, menyewa 3.000 meter persegi ruang perkantoran di The Headquarters Building di dekat People's Square, sementara peritel asing lainnya menyewa kantor seluas 2.900 m2 di Henderson Metropolitan di Nanjing Road East, Shanghai. Kedua perusahaan multinasional itu meng-upgrade kantor mereka dari sebelumnya grade B ke grade A.

D kawasan Jing'an Temple, gedung perkantoran 1788 Eco City yang dibangun grup Sunpower dari Taiwan, dijadwalkan selesai pada April 2011. Lebih dari setengah ruangan perkantoran itu sudah disewa sejak akhir bulan lalu, dan sebagian besar penyewa potensial itu para perusahaan multinasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com