Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Peritel Global Diajak Kerja Sama Kembangkan Hypermart

Kompas.com - 11/10/2010, 21:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah ditunjuk PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) sebagai penasihat keuangan, Merrill Lynch terus bergerak cepat. Sumber KONTAN mengungkapkan, lembaga keuangan asing itu telah mengundang beberapa peritel global untuk bertemu dan menjajaki kerja sama dengan MPPA, mengembangkan bisnis Hypermart. "Sudah ada lima calon investor yang diundang oleh Merrill Lynch," ungkap si sumber pekan lalu.

Kelima investor tadi disinyalir Tesco asal Inggris, Walmart dari Amerika Serikat, Lotte Mart dari Korea Selatan, serta Dairy Farm dan Casino asal Prancis.

Meski telah mengundang para raksasa ritel dunia, MPPA kabarnya belum mengambil keputusan soal rencananya untuk berkongsi dengan para pemodal asing tersebut. Si sumber tadi menyatakan, manajemen MPPA masih mengkaji kelanjutan dari bisnis Hypermat yang mereka kelola.

Ketika dikonfirmasi, Presiden Direktur MPPA Benjamin Mailool mengakui bahwa Merryll Lynch telah mengundang sejumlah raksasa ritel asing untuk kerja sama pengembangan Hypermart milik MPPA. Tapi, Benjamin belum bisa menjelaskan detail kerjasama itu. "Yang jelas, bukan dalam bentuk akuisisi," tegasnya.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Rudi Sumampouw pernah menyebut, Tesco dan Walmart akan meramaikan bisnis eceran di Indonesia. Menurut Rudi, Walmart mungkin akan kembali ke Indonesia dengan menggandeng jaringan baru setelah gagal membangun usahanya pada tahun 1998.

Benjamin menambahkan, di kuartal III-2010, penjualan MPPA naik sekitar 18 persen dibanding tahun lalu. Dengan asumsi pendapatan di kuartal III-2009 sebesar Rp 5,08 triliun, maka per September lalu, pendapatan MPPA mencapai sekitar Rp 6 triliun. "Selama Lebaran penjualan mencapai Rp 850 miliar," tambahnya.

Hingga akhir Juni 2010, MPPA telah memiliki 50 Hypermarket, 25 supermarket, 53 outlet farmasi, 90 pusat hiburan keluarga, 18 toko buku internasional, serta 91 department store di 50 kota. (Abdul Wahid Fauzie/Amailia Putri Hasniawati/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com