Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dwight C. Schar, Pengusaha Sukses Properti AS

Kompas.com - 06/10/2010, 19:44 WIB

KOMPAS.com - Masa depan adalah sebuah misteri yang hanya mampu terkuak seiring perjalanan waktu. Misteri tentang masa depan ini juga dilalui oleh Dwight C. Schar. Pria asal Ohio, Amerika Serikat (AS) ini semula bercita-cita menjadi seorang pengajar. Takdir membawanya menjadi pengusaha properti yang sukses.

Saat ini, pria kelahiran 68 tahun silam tersebut adalah pemimpin perusahaan properti NVR Inc. Perusahaannya masuk peringkat tujuh besar dari 500 perusahaan di AS yang memiliki pertumbuhan pendapatan tertinggi. Tahun lalu, NVR mampu mencatat penjualan senilai US$ 2,75 miliar. Jumlahnya meningkat 25,8 persen dari tahun sebelumnya.

Adapun laba bersih NVR sepanjang tahun lalu mencapai US$ 192,2 juta. Jumlah ini melonjak 90,5 persen dibandingkan dengan pencapaian pada periode yang sama tahun 2008. Laba yang besar itu disokong rata-rata penjualan rumah sebesar 15.000 unit tiap tahun di seluruh Amerika. Rumah yang dijual NVR ini bervariasi mulai dari rumah hunian atau klaster, town house hingga kondominium dengan ukuran berbeda-beda.

Ukuran rumah yang dijual mulai dari luas 1.000 meter persegi hingga 7.300 meter persegi. Sedangkan kisaran harga jualnya US$ 56.000 - US$ 2 juta per unit. Selain penjualan, NVR melayani jasa kredit perumahan dan jasa properti lain.

Saat ini, NVR beroperasi di 18 area metropolitan yang tersebar di 11 negara bagian AS, yang meliputi Maryland, Virginia, West Virginia, Pennsylvania, New York, New Jersey, Delaware, Ohio, North Carolina, South Carolina dan Tennessee.

NVR juga memayungi beberapa perusahaan properti lain, seperti Ryan Homes, Fox Ridge Homes, Rymarc Homes, dan NVHomes. Namun, Schar tak mau hanya menanamkan duitnya di bisnis properti. Ia memiliki 15 persen saham di klub sepakbola Washington Redskins. Untuk mendapatkan porsi saham itu, dia harus merogoh kantong sebesar US$ 70 juta.

Schar juga menguasai 40 persen saham di perusahaan hiburan, Flags Inc. Perusahaan itu memiliki banyak program acara hiburan televisi, seperti The American Music Awards, The Academy of Country Music Awards, Dick Clark's New Year's Rocki'n Eve, dan berbagai acara komedi spesial, serta program anak-anak.

Dengan hartanya, Schar banyak membeli villa mewah dari para selebriti dan miliuner lain. Misalnya, pada enam tahun lalu, dia membeli rumah di Palm Beach senilai US$ 70 juta. Rumah mewah itu dibelinya dari pemilik perusahaan kosmetik Revlon Inc, Ron Perelman, dan istrinya yang berprofesi aktris, Ellen Barkin.

Harga rumah itu merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah AS untuk penjualan sebuah rumah hunian. Sebelumnya, penjualan rumah tertinggi senilai US$ 50 juta di wilayah Lake Tahoe.

Rumah Schar di Palm Beach seluas 26.000 meter persegi, dengan pemandangan tepi pantai. Rumah itu memiliki tujuh kamar tidur, 18 kamar mandi, dan bioskop pribadi. Di sana juga ada kolam renang besar, beberapa guest house, spa, dan gym modern. Ia juga membangun tiga garasi mobil, memperpanjang jalan masuk, dan mendirikan balkon di sebuah jembatan dari ruangan tamu ke rumah utama.

Dalam satu abad ini, Palm Beach merupakan wilayah hunian favorit bagi orang-orang kaya. Kini, Schar bertetangga dengan pemilik Netscape, Jim Clark, pemilik Sotheby's, Alfred Taubman, dan pemilik Tampa Bay Buccaneers, Malcolm Glazer.

Berkat pencapaian bisnis dan berbagai aset tersebut, Schar menjadi orang terkaya ke-399 di seantero Amerika Serikat versi majalah Forbes. Harta kekayaannya senilai US$ 1 miliar.  (Rizki Caturini/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com