Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoquic Mall di Ambon Dibangun Akhir 2010

Kompas.com - 01/10/2010, 16:17 WIB

AMBON, KOMPAS.com - PT. Duta Bakhti menginvestasikan dana Rp230 miliar untuk membangun "Otoquic Mall" di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau, Ambon, pada akhir tahun 2010. 

"Ambon baru memiliki beroperasi satu pusat perbelanjaan yakni Ambon Plasa (Amplas), sehingga peluang ini dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha tersebut di bekas lahan rumah sakit Otoquic Tantui," Kata Direktur PT Duta Bakhti, Welhelm Kurnala, usai prensentasi rencana pembangunan mall tersebut kepada Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, di Ambon, Jumat. 

Dia mengatakan, konsep pembangunan Otoquic Mall terdiri dari tiga lantai serta dilengkapi berbagai sarana, di antaranya restoran dan tempat hiburan. Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektare. "Letaknya sangat strategis, sehingga mudah dijangkau oleh warga kota Ambon," ujar Welhelm.  

Berbagai persayaratan guna mempercepat proses pembangunan mal, seperti izin membangun bangunan (IMB) dan hak guna bangunan (HGB), termasuk dokumen analisa dampak lingkungan (Amdal) sedang diproses. "Sekiranya IMB, HGB, dan Admdalnya sudah keluar, kita langsung membangun," kata Welhelm. 

Menurut dia, sedikitnya 250 orang akan direkrut menjadi karyawan untuk bekerja di mall tersebut. "Kami akan merekrut sekitar 25 persen tenaga kerja dari luar Maluku untuk memberikan pelatihan kepada teman-teman di Ambon untuk peningkatan SDM," katanya. 

Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, mendukung rencana investasi pembangunan mall tersebut karena strategis dalam mendorong pengembangan sektor perekonomian lainnya.  "Kami sangat mendukung pembangunan tersebut karena terbuka peluang kerja bagi warga Ambon," katanya. 

Guna mempercepat pembangunan tersebut, Ralahalu berharap segala dokumen penunjang segera diproses Pemkot Ambon. "Ini peluang besar yang harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kemajuan kota Ambon di masa mendatang," ujar Gubernur Ralahalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com