Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Carrefour Naik ke Level Tertinggi Dalam Dua Tahun

Kompas.com - 17/09/2010, 16:50 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Saham Carrefour SA meroket ke level tertinggi dalam dua tahun di bursa perdagangan Paris. Kenaikan terjadi setelah sejumlah analis memuji rencana perusahaan ritel terbesar kedua dunia ini untuk melakukan renovasi format superstore-nya di Eropa Barat.

Saham Carrefour melejit 6,2 persen menjadi 40,60 euro. Ini merupakan harga tertinggi sejak 25 Juni 2008. Pada pukul 09.37 waktu Paris, saham Carrefour berada di posisi 40,20 euro.

Carrefour kemarin mengumumkan rencananya untuk melakukan upgrade 500 toko di Eropa Barat. terkait aksi tersbeut, Carrefour akan menginvestasikan dana sebesar 1,5 miliar euro atau setara dengan 2 miliar dollar AS dalam 2,5 tahun ke depan.

Analis Exane BNP Paribas Philippe Suchet mengatakan, rencana renovasi itu lebih besar dari yang dia prediksi sebelumnya.

Manajemen Carrefour mengatakan, renovasi toko menjadi model Planet Carrefour membutuhkan dana sebesar 4,2 juta euro atau sekitar 50 persen dari pembangunan outlet yang menjadi pilot project di kawasan suburban Lyon, Ecully pada bulan lalu. Sementara, renovasi toko yang lebih kecil diprediksi akan menghabiskan dana kurang dari 2 juta euro.

Carrefour menargetkan tingkat penjualan, di luar bensin, akan mencapai 105 miliar euro pada 2013 dan 120 miliar euro pada tahun 2015. Sebagai perbandingan, pendapatan Carrefour pada tahun 2009 lalu hanya mencapai 79 miliar euro. (Bloomberg/Barratut Taqiyah/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com