Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Susun Antasari Dilelang November

Kompas.com - 16/09/2010, 20:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Setelah didesain ulang agar tahan gempa dan menjadi lebih tinggi, proyek pembangunan jalan susun akhirnya siap dilelang pada November 2010. Proses pembangunan fisik jalan susun ruas Jal an Antasari-Blok M dan Kampung Melayu-Tanah Abang akan dimulai pada awal 2011.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo, Kamis (16/9/2010) di Jakarta Pusat, mengatakan, proses lelang seharusnya sudah dilaksanakan pada Agustus yang lalu. Namun, karena Kementrian Pekerjaan Umum meminta desain ulang agar tahan gempa, proses lelang harus diundur sampai desain yang baru disetujui.

Jalan susun ini akan ditinggikan dari tujuh meter menjadi 12 meter sehingga harus dipastikan tahan terhadap gempa bumi. "Faktor ketahanan terhadap gempa sangat mempengaruhi struktur bangunan sehingga perlu penyusunan desain yang baru," kata Ery.

Peninggian jalan susun dilakukan agar tanaman di di bawah jalan susun tetap mendapat sinar matahari dan bisa bertahan hidup. Jalan susun yang terlalu rendah akan menutup sinar matahari dan mematikan tanaman di sepanjang jalan.

Ery berharap kedua jalan susun itu dapat selesai sebelum proses konstruksi jalur MRT dimulai. Jalan susun pada ruas Jalan Antasari-Blok M merupakan jalan alternatif saat jalur MRT dibangun di Jalan Fatmawati ke arah Jalan Sudirman.

Jalan layang Antasari-Blok M sepanjang 5,5 kilometer (km) akan dibangun dengan dana Rp 1,3 triliun. Jalan layang Kampung Melayu-Tanah Abang sepanjang 3,5 kilometer akan dibangun dengan dana Rp 800 miliar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com