Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamsostek Jabar-Banten Alokasikan Bantuan Perumahan Rp 30 Miliar

Kompas.com - 03/09/2010, 18:21 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Kanwil IV PT Jamsostek (Persero) Jawa Barat dan Banten mengalokasikan Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) termasuk bagi bantuan pinjaman uang muka perumahan kerja sama dengan bank (PUMP-KB) senilai Rp30 miliar pada 2010.

"Bantuan uang muka perumahan digulirkan, namun baru 40 persen yang terserap," kata Kepala Kanwil IV PT Jamsostek (Persero) Jabar dan Banten, Enda Ilyas Lubis di Bandung, Kamis. Menurut Ilyas, kendala penyaluran PUMP-KB terbentur regulasi dari perbankan antara lain syarat yang memberatkan peserta serta minimal gaji di atas UMK dan biaya administrasi pengurusan PUMP-KB.

"PT Jamsostek sendiri mensyaratkan upah sampai dengan maksimal Rp5 juta," katanya. Untuk penyaliran PUMP-KB, Jamsostek bekerja sama dengan sejumlah bank antara lain BTN, Syariah Mandiri, BNI, Bank DKI, BPD Bali. "Khusus untuk dana hibah senilai Rp8 miliar terserap sekitar 40 persen. Program ini merupakan kegiatan CSR perseroan," katah Ilyas.

Selain itu, Dana PUMP-KB dari Jamsostek juga dapat dimanfaatkan untuk pinjaman renovasi rumah (PRR) maksimal sebesar Rp30 juta per tenaga kerja dengan syarat aktif Jamsostek selama lima tahun, upah maksimal Rp15 juta, jangka waktu pinjaman 10 tahun. Sedangkan untuk membantu sektor ril, Jamsostek Jabar dan Banten juga mengalokasikan Program Kemiteraan dan Bina Lingkungan senilai Rp10,63 miliar. "Saat ini realisasinya baru 15 persen," katanya.

Sedangkan pada penyaluran dana hibah kemitraan berupa pendidikan dan pelatihan, pemasaran dan promosi, pemagangan dan penelitian. "Hibah bina lingkungan juga digulirkan, tahun 2010 senilai Rp1,57 miliar. Antara lain melalui program pelestarian alam, sarana umum dan bantuan bencana alam," kata Ilyas Lubis menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com