Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carrefour Keluar dari Pasar Singapura, Malaysia, dan Thailand

Kompas.com - 01/09/2010, 15:19 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com — Peritel dari Eropa dan Asia Tenggara kini berebut untuk memberikan penawaran sejumlah aset Carrefour senilai 1 miliar dollar AS dengan penawaran pertama yang akan berakhir pada Rabu (1/9/2010). Carrefour telah memutuskan untuk keluar dari pasar Singapura, Malaysia, dan Thailand serta berniat untuk fokus di pasar kunci, yaitu menjadi pemimpin di hipermarket.

"Sampai saat ini belum jelas apakah penjualan tersebut satu paket dengan aset atau aset akan dijual secara terpisah," kata sumber yang tahu persis dengan keputusan peritel raksasa asal Eropa ini. Menurut sumber tersebut, Carrefour lebih suka pembeli yang datang dengan iming-iming dan membeli tiga aset sekaligus. "Penjual tentu menyukai skema yang demikian," katanya.

Peritel asal Perancis, Casino Guichard Perrachon SA, dan peritel asal Singapura, Dairy Farm International Holding Ltd, disebut-sebut sebagai perusahaan yang memberikan penawaran untuk Carrefour. Konon, dua perusahaan tersebut sudah mendapatkan nasihat dari tim investasi perbankan mengenai niat mereka membungkus aset Carrefour.

Perusahaan lain yang meminati aset Carrefour ini adalah Tesco Plc asal Inggris, Berli Jucker Pcl Thailand, dan perusahaan energi terbesar Thailand, PTT Pcl.

Beberapa pembeli strategis berharap akan bisa menguatkan posisi mereka di tiga pasar di Asia Tenggara tersebut seiring dengan daya beli masyarakat yang meningkat di tengah menguatnya perekonomian.

Hingga saat ini, baik Carrefour maupun peritel yang meminati aset Carrefour menolak memberi komentar. Selain itu, sumber yang mengabarkan berita ini enggan bila namanya muncul di media ini karena akan sensitif terhadap proses lelang tersebut.

Sumber itu juga menjelaskan, Carrefour membagi penjualan aset ini menjadi dua bagian, Singapura dan Malaysia dalam satu paket serta Thiland dijual terpisah. Dalam pelepasan gerai ini, Goldman Sachs Group Inc bertindak sebagai penasihat Carrefour.

Di Asia, Carrefour memiliki total 626 gerai dengan lebih dari dua pertiganya ada di China, 76 gerai di Indonesia, 19 gerai di Malaysia, 2 gerai di Singapura, dan 40 gerai di Thailand; termasuk 39 hipermarket.

Tahun lalu, penjualan Carrefour di Asia mencapai 85,9 miliar euro atau 111 miliar dollar AS.  (Reuters/Femi Adi Soempeno/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com