Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Hotel di Jogja Masih Prospektif

Kompas.com - 20/08/2010, 15:07 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Investasi di sektor perhotelan di Yogyakarta, sampai saat ini dinilai masih prospektif, kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tazbir di Yogyakarta, Kamis.

"Pembangunan sejumlah hotel baru kelas bintang di Yogyakarta memberi sinyal bahwa daerah ini masih menguntungkan untuk bisnis properti hotel," katanya.

Menurut dia, pertimbangan investor maupun calon investor menanamkam modalnya di Yogyakarta tentu dengan perhitungan matang di antaranya selain pasar wisatawan cukup tinggi, daya tarik Yogyakarta sebagai destinasi wisata ternyata memiliki citra yang positif.

"Kelebihan yang dimiliki Yogyakarta tersebut memang tidak banyak dimiliki daerah lain di Indonesia, sehingga makin membuka peluang bagi para investor menanamkan modalnya di bidang prehotelan di daerah ini," katanya.

Menurut dia makin banyak muncul hotel kelas bintang baru di daerah ini tentu akan berdampak positif, tidak hanya dalam penyerapan tenaga kerja tetapi juga peluang industri pariwisata di DIY akan semakin prospektif dan memiliki daya saing.

Iklim investasi khususnya hotel, restoran dan jasa wisata lain di Yogyakarta memang semakin kondusif, Selain meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dukungan akomodasi hotel tentu akan mengangkat citra Yogyakarta sebagai tujuan wisata Kota MICE (meeting, incentive, convention, exhibition).

"Untuk wisata MICE di Yogyakarta menjadi tujuan wisata paling banyak diminati," katanya.

Ia mengatakan sejumlah hotel baru kelas bintang yang saat ini sudah beroperasi di Yogyakarta antara lain Hotel Whiz dan Jentra Hotel di kawasan Dagen, Malioboro serta Amaris Hotel di Jalan Diponegoro.

"Sedangkan tahun depan sejumlah hotel baru kelas bintang juga siap beroperasi di Yogyakarta, diantaranya Hotel Tentrem milik Sido Muncul," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com