Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matahari Buka 4 Hypermarket dan 1 Foodmart Hingga Akhir 2010

Kompas.com - 19/08/2010, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri ritel modern yang prospektif membikin persaingan kian ketat. Meski saat para pemain sudah gencar berekspansi, jumlah gerai ritel modern belum sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang hampir 237 juta jiwa.

"Potensinya besar sekali, wajar Giant yang tadinya tidak ekspansif sekarang sudah mulai bergairah," kata Danny Konjongian, Direktur Komunikasi PT Matahari Putra Prima, mengomentari pendirian Giant pada awal minggu ini.

Sampai saat ini, Matahari mengoperasikan 49 gerai Hypermart dan 26 gerai Foodmart. Dari gerai ini, ada empat Hypermarket yang baru beroperasi tahun 2010.

Danny mengatakan, di sisa tahun ini Matahari akan membuka empat gerai hipermarket dan satu supermarket. Untuk investasi tanah saja, Matahari akan menggelontorkan duit sekitar Rp 18 miliar untuk gerai berukuran 6.000 m2.

Bila tersedia lahan, bukan tidak mungkin Matahari akan membuka Hypermart dengan luas seperti Giant BSD yang sebesar 7.900 m2. Dengan ekspansi di atas, sepanjang semester I-2010 lalu pendapatan Hypermart dan Foodmart mencapai Rp 3,5 triliun.

Hingga akhir tahun, Matahari menargetkan penpadatan kedua ritel modernnya sebesar Rp 8,5 triliun, atau tumbuh 30,7 persen. (Gloria Haraito/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com