Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Ritel Ketat, Giant Buka Gerai ke-37 di BSD

Kompas.com - 19/08/2010, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Persaingan yang ketat membuat pemain ritel modern mengebut ekspansi. Agar tak ketinggalan, awal pekan ini Giant membuka gerai baru di Bumi Serpong Damai (BSD). Gerai baru ini menjadi gerai Giant yang ke-37.

"Gerai ini memiliki luas 7.900 meter persegi (m2), atau terluas yang kami miliki," ujar Menurut Sugiyanto Wibawa, Direktur Operasional PT Hero Supermarket Tbk,

Sugianto mengklaim, gerai ini ramah lingkungan karena satu-satunya gerai hipermarket di dunia yang menggunakan lampu hemat energi, light emitting diode (LED). Pembukaan gerai yang bertepatan di bulan Ramadhan juga bertujuan menyambut momen puasa dan Idul Fitri yang diyakini akan meningkatkan pengunjung.

Sugiyanto meyakini, prospek ritel modern di semester II-2010 lebih cerah dibandingkan dengan semester I-2010 mengingat ada Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Ketiga hal ini diyakini akan mendorong permintaan makanan dan minuman yang menjadi produk utama di Giant.

Sampai saat ini, Hero telah memiliki 37 hipermarket Giant, 48 gerai Supermarket Hero, 66 gerai supermarket Giant, 199 gerai toko kecantikan dan kesehatan Guardian, dan 123 gerai minimarket dan kenyamanan Starmart.

Dari total gerai tersebut, ada 13 gerai yang baru beroperasi tahun ini. Pembukaan gerai baru ini menyebabkan total pendapatan Hero sepanjang paruh pertama tahun ini mencapai 3,5 triliun atau tumbuh 15,7 persen. Sementara laba bersihnya mencapai Rp 77,6 miliar atau tumbuh 32,5 persen.

Di sisi tahun ini, Hero kembali akan membuka satu gerai hipermarket di Citra Surya dan lebih dari enam gerai supermarket di Jawa. Sugiyanto menggambarkan, untuk satu gerai hipermarket yang tanah serta bangunannya dimiliki oleh Hero, setidaknya butuh investasi sekitar Rp 200 miliar. Sementara untuk minimarket yang tempatnya terletak di mal, butuh investasi tak sampai Rp 10 miliar. (Gloria Haraito/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com