Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Bangun Perumahan di Bali, Jogja, Semarang

Kompas.com - 19/08/2010, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) yang cenderung rendah terus memacu penjualan properti. Tak pelak, para pengembang pun gencar membangun proyek baru. Tak terkecuali, PT Ciputra Surya Tbk (CTRS). "Kami akan segera membangun residensial di Bali, Semarang, dan Yogyakarta," kata Nanik Santoso, Direktur PT Ciputra Surya, Rabu (18/8).

Rencananya, untuk membangun proyek residensial tersebut, perusahaan milik taipan Ciputra ini akan menggandeng sejumlah investor, dengan konsep bagi hasil. "Sistem bagi hasilnya fifty-fifty," imbuh Nanik.

Nanik mengatakan, Ciputra Surya masih melakukan pembicaraan dengan sejumlah calon mitra strategis. Tapi, ia belum bersedia mengungkapkan identitas perusahaan tersebut.

Yang jelas, lanjut Nanik, Ciputra Surya sudah memiliki lahan di tiga wilayah tadi. Di Bali dan Semarang, luas lahan Ciputra Surya masing-masing 20 hektare (ha), sedangkan di Yogyakarta sekitar 10 ha. Untuk lahan di Bali, Ciputra Surya mematok harga tanah Rp 5 juta per meter persegi (m²). Adapun, di Semarang Rp 3 juta dan Yogyakarta Rp 1,5 juta per m².

Ketiga proyek tersebut kian mengukuhkan ambisi Ciputra Surya untuk membangun proyek residensial mewah di setiap provinsi di Indonesia.

Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, ini sukses membangun proyek residensial di luar Jawa. Sebut saja, Citra Garden Lampung, Citra Garden Banjarmasin, Citra Land City Samarinda, Citra Indah Balikpapan, Citra Grand City Palembang, Citra Land Celebes Makassar, dan Citra Garden Pangkalpinang.

Hingga akhir tahun ini, Ciputra Surya menargetkan pendapatan Rp 400 miliar dan laba bersih Rp 80 miliar. Hingga Juni 2010, pendapatan Ciputra Surya sudah mencapai Rp 241,79 miliar dengan laba bersih Rp 45,482 miliar. "Kami yakin akan bisa mencapai target yang ada," pungkas Nanik.

Analis Bhakti Securities Reza Nugraha menilai, Ciputra Surya unggul dari sisi nama dan pengalaman. Alhasil, perusahaan ini tak perlu banyak melakukan promosi dan pemasaran. Tapi, ekspansi CTRS ini baru akan terasa kontribusinya ke kinerja keuangan Ciputra Surya tahun depan.

Reza merekomendasikan beli saham Ciputra Surya dengan target harga Rp 740 per saham. Kemarin (18/8), harga saham Ciputra Surya naik 1,67 persen ke level Rp 610 per saham.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com