Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Minta DKI Tidak Keluarkan IMB dan Amdal Mal Taman Ria Senayan

Kompas.com - 23/07/2010, 19:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan kompleks hiburan dan perbelanjaan di kawasan Taman Ria Senayan mendapat tentangan para anggota Dewan.

Ketua DPR Marzuki Alie bahkan telah meminta Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo untuk tidak mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tanpa adanya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

"Sebelum AMDAL keluar, jangan keluarkan IMB. Saya sudah bilang itu ke Gubernur DKI, Setneg juga," ujar Marzuki, Jumat (23/7/2010), di Gedung DPR, Jakarta.

Untuk izin keluarnya AMDAL, mengisyaratkan adanya persetujuan dari lingkungan sekitar lokasi pembangunan, termasuk DPR. Marzuki sendiri memastikan, pihaknya tak akan memberikan persetujuan untuk persyaratan AMDAL tersebut.

"DPR ingin mengembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau, menjadi hutan dan taman kota. Supaya bagus. Kami akan minta pengertian mereka. Cari duit mbok ya di tempat lain saja. Jakarta sudah ruwet, jangan dibikin ruwet lagi," ujarnya.

Lagipula, lanjut Marzuki, di seputaran Senayan sudah cukup banyak pusat perbelanjaan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun diharapkannya tidak lagi memberikan izin pembangunan mall di kawasan ruang terbuka hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com