Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Best Western Bangun Hotel di Pantai Lasiana Kupang

Kompas.com - 19/07/2010, 22:50 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Sebuah jaringan hotel internasional yang bermarkas di Amerika Serikat, Best Western, membangun sebuah hotel bintang empat bertaraf internasional di Pantai Lasiana Kupang, Nusa Tenggara Timur, karena menilai daerah itu strategis dan memiliki prospek.

Direktur Utama PT Dwi Pratama Sukses Jusuf Sawurin sebagai pemegang saham Best Western di Indonesia, di Kupang, Senin, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya dan Direktur Bank NTT Daniel Tagudedo, berkaitan dengan pembangunan hotel tersebut.

Dia mengatakan, realisasi pembangunan fisik hotel akan dilakukan secepat mungkin setelah penandatanganan MoU itu. Pihaknya segera menyelesaikan desain arsitekturnya agar peletakkan batu pertama segera dimulai, katanya. Gubernur NTT Frans Lebu Raya bahkan menantang Yusuf Sawirin, agar peresmian hotel bisa dilakukan pada Desember 2011.

Ketika menjawab pertanyaan pers mengenai pilihan Best Western untuk membangun hotel di Kupang, Jusuf Sawirin mengatakan, ibu kota Provinsi NTT itu belum memiliki hotel bertaraf internasional dengan fasilitas yang bisa digunakan untuk kegiatan regional. Kupang baru memiliki beberapa hotel berbintang tiga, namun belum memiliki fasilitas bertaraf internasional.

Dia mengatakan, Best Western adalah sebuah jaringan hotel internasional untuk memulai bisnis sejak 1946 dan kini memiliki lebih dari 4.200 hotel di lima benua, mencakup 88 negara.

Di Kupang, ii merupakan hotel ke 19 di Indonesia, sedangkan yang sudah lebih dahulu ada dibangun antara lain di Jakarta, Solo, Padang, dan Bali. Untuk pembangunan hotel tersebut, pemerintah provinsi menyertakan saham melalui lahan yang ada di Pantai Lasiana dan modal langsung yang bersumber dari APBD. Sementara Bank NTT, siap mendanai pembangunan hotel tersebut.

Selain memiliki lebih dari 4.200 hotel bintang tiga dan empat di 88 negara, Best Western juga memiliki sembilan juta pelanggan yang mengantongi kartu keanggotaan, guna mendapatkan berbagai kemudahan.

"Dengan keanggotaan dan kemudahan itu, mereka kemana pun hanya mau menginap di hotel jaringan Best Western," katanya dan menambahkan, pihaknya membangun hotel dengan 200 kamar, belum termasuk "ballroom" dan pusat hiburan.

Dengan keberadaan hotel tersebut, Nusa Tenggara Timur dipromosikan dijaringan Best Western di lebih 4.200 hotel di 88 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com